Saturday, 4 April 2020

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Delima

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Delima

Delima dengan nama ilmiah (punica granatum) adalah merupakan tanaman buah-buahan yang berasal dari Iran dan telah lama dikembangbiakan di daerah Mediterania. "Granatum" adalah sebuah nama yang diambil dari salah satu kota kuno di Spanyol yaitu Granada.

Tanaman delima berasal dari Timur Tengah dan banyak tersebar di daerah subtropik sampai tropik serta tumbuh baik pada dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tanaman ini menyukai keadaan tanah sebagai media tumbuhnya yang gembur dan tidak terendam air. Oleh masyarakat khususnya Indonesia, menjadikan delima sebagai tanaman penghias karangan rumah dan tanaman obat karena buahnya dapat dikonsumsi.

Buah delima dapat diolah menjadi bahan konsumsi manusia dalam bentuk sari buah, sirup, pasta atau konsentrat delima. Sebagai tanaman obat, buah delima berguna bagi kesehatan tubuh manusia karena dapat membersihkan kulit, mengurangi peradangan pada kulit, mengurangi radang tenggorokan, dan dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh. Buah delima banyak mengandung nutrisi seperti ion kalium (potasium), vitamin A, C dan E serta asam folic. Sehingga buah delima memiliki banyak khasiat untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh manusia seperti: gangguan perut, gangguan jantung, kanker, perawatan gigi, rematik, kurang darah, dan diabetes.

Klasifikasi Buah Delima

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Subkelas : Rosidae
Ordo : Myrtales
Famili : Punicaceae
Genus : Punica
Spesies : P. granatum
Nama binomial : Punica granatum L.
Sinonim : Punica malus (Linnaeus, 1758)

Morfologi Buah Delima

Batang

Tanaman delima memiliki batang berkayu, bercabang dengan ranting yang banyak dan bersegi serta teksturnya lemah. Batang yang masih muda warnanya coklat kemudian akan berubah menjadi warna hijau kotor setelah tua.

Daun

Delima berdaun tunggal dengan tangkai yang pendek serta letaknya berkelompok. Ukuran daunnya mampu mencapai panjang 1-9 cm dan lebarnya 0,5-2,5 cm. Bentuk daun lonjong, bagian pangkalnya menyirip, bagian ujungnya tumpul, bagian tepi daun rata, memiliki sistem pertulangan menyirip dan bagian permukaan atas daun mengkilap.

Bunga

Tanaman delima bersifat bunga tunggal muncul di ujung ranting atau dibagian ketiak daun paling atas dan tumbuh sepanjang tahun. Bunga ini memiliki tangkai pendek dan memiliki beberapa warna seperti putih, merah, dan ungu. Warna pada bunga dapat dijadikan sebagai tanda warna buah. Bunga berwarna putih maka buah juga akan berwarna putih begitu juga dengan bunga yang berwarna merah dan ungu maka warna buah akan mengikuti warna bunganya.

Buah

Buah delima berbentuk bulat berdiameter 5-12 cm dengan beragam warna seperti: putih, merah dan ungu. Pada bagian lapisan kulit bauh delima terdapat bercak-bercak yang menonjol dan berwarna lebih tua. Rasa daging buah ada yang manis dan ada pula yang rasanya manis keasaman dan mengandung banyak air.

Biji

Buah delima yang berbentuk kapsul bulat di dalamya terdapat butiran-butiran biji yang dilapisi oleh daging buah. Bijinya berbentuk panjang bersegi dan agak pipih, ukurannya relatif kecil, keras, susunannya tidak beraturan dan berwarna putih.

No comments:

Post a comment