Thursday, 2 April 2020

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar

Mawar merupakan jenis tanaman yang menghasilkan bunga yang cantik dan wangi serta sangat terkenal oleh masyarakat diseluruh dunia termasuk Indonesia.

Mulanya bunga mawar tersebar dari dataran Cina, Timur Tengah, dan Eropa Timur. Seiring bertambahnya waktu dari masa-kemasa kini bunga mawar tersebar hampir diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, terkecuali benua atlantica.

Tanaman bungan mawar termasuk ke dalam genus Rosa. Jenis tanaman ini umumnya merupakan tanaman semak yang memiliki duri dan sebagai tanaman memanjat yang tingginya mampu mencapai 2-5 meter, bahkan ada juga yang tingginya mampu mencapai 20 meter. Lebih dari 100 spesies tanaman mawar liar dan kebanyakan tersebar di belahan bumi utara yang berudara sejuk.

Klasifikasi Mawar

Kingdom : Plantae
Kelas : Dicotyledonae
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Famili : Rosaceae
Ordo : Rosanales
Genus : Rosa
Spesies : Rosa Hiproida atau Rosa sp.

Morfologi Mawar

Akar

Tanaman bunga mawar memiliki sistem perakaran serabut yang tumbuhnya memanjang ke bawah. Bentuk akarnya membulat dan panjang. Fungsi akar bagi tanaman adalah sebagai alat bantu untuk menyerap unsur hara dan air dari dalam media tumbuhnya dan juga sebagai penopang agar tanaman tetap berdiri tegak dan kokoh.

Batang

Mawar memiliki batang yang berbentuk bulat dan panjang, bercabang-cabang, dan memiliki duri-duri yang tajam. Batangnya terbilang kecil, bewarna abu-abu, kecoklatan, dan hijau seperti lumut. Ukuran batang yang relatif kecil membuat tanaman mawar sangat rentan diserang oleh predator tanaman tersebut.

Daun

Daun mawar tumbuh pada cabang-cabang batang berjumlah sekitar antara 5-9 anak daun pada setiap satu cabang. Bentuknya bulat memanjang, ada juga yang meruncing serta bergerigi rata-rata berukuran 2-3 cm. Daun mawar berwarna hijau muda sampai hijau tua.

Bunga

Tanaman mawar memiliki bunga yang bentuknya hampir seperti bulat dengan jumlah mahkotanya sekitar 20-26 lapisan helai. Jumlah tersebut tidaklah mutlak melainkan tergantung dari besar kecilnya ukuran bunga. Warna bunga mawar memiliki beberapa variasi seperti merah, putih, biru, dan ada juga yang berwarna kekuningan.

Buah

Bunga mawar yang telah melewati masa perkawinan atau penyerbukan akan berubah menjadi buah. Buahnya berbentuk bulat dan bulat lonjong. Buah mawar memiliki beberapa variasi warna tergantung dari warna bungannya.

Biji

Biji mawar memiliki bentuk oval dan ukurannya sangat kecil berwarna keputihan dan kecoklatan pada bagian dalamnya. Biji ini terletak pada bagian dalam bunga.

No comments:

Post a comment