Tuesday, 31 March 2020

Klasifikasi dan Morfologi Wortel

Klasifikasi dan Morfologi Wortel

Tanaman wortel dengan nama latin Daucus carota L. merupakan tumbuhan bennial dengan siklus hidup biologi dua tahun. Wortel yang dimaksud sebagai tanaman bennial karena pada fase vegetatif dan generatif masing-masing membutuhkan waktu satu tahun. Pada tahun pertama wortel mengalami fase vegetatif yang dimana fase tersebut munculnya daun, batang, akar atau umbi, sedangkan memasuki tahun ke dua wortel mengalami fase generatif yang dimana bunga mulai muncul dan menghasilkan biji. Waktu yang lama dibutuhkan tanaman wortel untuk tumbuh dan berkembang tentunya akan merepotkan petani. Oleh sebab itu para pakar pertanian melakukan segala macam bentuk penelitian tanaman wortel dan pada akhirnya ditemukan tanaman wortel genjah yang pertumuhan dan perkembangannya dapat lebih cepat.

Di Indonesia wortel sering dijadikan bahan sayur-sayuran, dan minuman jus kesehatan serta sebagai bahan kecantikan.

Di Indonesia tanaman wortel banyak ditemukan di daerah dataran tinggi dengan ketinggian minimal 1000 mdpl dengan suhu optimal 15-21 derajat Celsius. Daerah penghasil wortel terbesar yaitu di daerah Batu, Nongkojajar, Dieng, dan Priangan.

Wortel pada umbinya memiliki kandungan vitamin A yang sangat terkenal manfaatnya untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel akan bermanfaat bagi manusia terutama bisa meningkatkan penglihatan jarak jauh. Tidak hanya vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, Kalsium, zat besi, magnesium,fosfor, kalium, dan sodium.

Klasifikasi Tanaman Wortel

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Apiales
Famili : Apiaceae
Genus : Daucus
Spesies : D. carota
Nama binomial : Daucus carota L.

Morfologi Tanaman Wortel

Akar wortel

Tanaman wortel memiliki sistem perakaran tunggang. Akar wortel selain berfungsi sebagai menyerap unsur hara dan air dalam tanah juga sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Sehingga akar wortel akan terus berkembang dan membesar membentuk umbi yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Ukuran umbi wortel memiliki panjang 30 cm dengan diameter 6 cm.

Batang wortel

Tanaman wortel memiliki batang yang tidak bercabang dan sebagai tempat kedudukan tangkai daun. Batang wortel dengan struktur yang keras, berwarna kekuning-kuningan, berbentuk bulat dengan diameter 1-1,5 cm. Di dalam batang wortel terdapat jaringan angkut yang berfunsi sebagi penyaluran air keseluruh bagian tubuh tanaman.

Daun wortel

Wortel memiliki daun majemuk yang bertagkai berstruktur bergaris-garis atau lanset. Dalam satu tanaman wortel memiliki tangkai daun berjumlah 4-7. Tangkai daun kaku dan tebal serta dibagian permukaannya halus.

Bunga wortel

Wortel memiliki bunga yang tumbuh dan menempel pada tangkai yang melengkung. Bunga tumbuh berkelompok membentuk payung ganda berwarna putih kemerahan.

Biji wortel

Bunga yang melewati masa perkawinan atau penyerbukan maka akan menghasilkan biji yang sebagai alat berkembangbiakan generatif. Biji wortel berukuran kecil dengan panjang 3 mm dan lebar 1,5 mm. Biji wortel memiliki lapisan bulu dan bewarna kecoklatan.

No comments:

Post a comment