Sunday, 29 March 2020

Klasifikasi dan Morfologi Vanili

Klasifikasi dan Morfologi Vanili

Vanili merupakan jenis tanaman tahunan yang termasuk kedalam suku orchideceae dengan beraneka ragam jenis (lebih dari 1500 jenis). Tanaman vanili berasal dari negara Meksiko, yang dikenal pertama kali oleh orang-orang Indian.

Tanaman vanili memiliki nilai ekonomi tinggi karena bermanfaat bagi umat manusia. Polong dari tanaman vanili akan diekstrak menjadi bubuk vanili yang dapat dimanfaatkan menjadi pengharum makanan. Bubuk vanili yang dicampurkan ke dalam makanan akan meningkatkan citarasa dan aroma yang khas.

Klasifikasi Tanaman Vanili

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tacheobionta
Super divisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliopsida
Kelas : Liliopsida
Sub kelas : Liliidae
Ordo : Orchidales
Famili : Orchidaceae
Genus : Vanilla
Spesies : Vanilla planifolia, Andrew

Morfologi Tanaman Vanili

Akar Vanili

Akar tanaman vanili muncul dari ruas batang dan menggantung serta terdapat pula akar yang tersusun di dalam tanah. Akar vanili berserabut tidak tunggang dan kuat tumbuhnya horizontal. Akar vanili berukuran panjang mencapai 1-2 m dengan ketebalan akar rata-rata 3-4 mm. AKar tanaman vanili akan tumbuh menjalar secara horizontal dan menempel pada tempat tumbuhnya. Warna akar putih kotor.

Batang Vanili

Tanaman vanili berbatang silindris, terdapat ruas dan buku-buku berkisar antara 5-15 cm. Batang gemuk dan berair (sukulen), teksturnya lunak, berdiameter 1-2 cm dan berwarna hijau muda sampai tua. Batang tanaman vanili dapat dijadikan sumber tanaman baru dengan cara stek batang. Batang vanili yang disetek akan muncul tunas baru.

Daun Vanili

Tanaman vanili memiliki daun berwarna hijau muda hingga hijau tua, merupakan daun tunggal, berbentuk pipih, tebal berdaging, bentuknya elips hingga lanset. Ukuran daun vanili penjang sekitar 10-20 cm dan lebarnya 5-7 cm. Pada bagian ujung daun meruncing dan pada bagian pangkal daun membulat. Daun vanili memiliki pertulangan yang menjari dan tidak halus. Daun vanili tumbuh secara selang seling pada batang dengan susunan tulang daun sejajar.

Bunga Vanili

Bunga tanaman vanili berwarna putih kehijauan yang tumbuh pada ketiak daun dan bentuknya seperti terompet dan mirip dengan bunga anggrek. Bunga vanili memiliki 6 helai daun tajuk pada setiap kuntumnya. Setiap kuntum bunga memiliki bakal buah beruang tiga yang letaknya di bawah dasar bunga.

Bunga vanili tersusun dalam rangkaian tangkai tandan yang jumlahnya sekitar 15-20 kuntum bunga. Tangkai memiliki ukuran panjang sekktar 5-10 cm dan ukuran panjang bunga sekitar 3-5 cm. Jumlah tandan bunga yang tumbuh pada setiap batangnya sekitar 5 tandan.

Buah Vanili

Setelah proses penyerbukan, bunga akan menjadi buah berbentuk polong, berwarna hijau muda hingga kecoklatan, dan teksturnya lunak berdaging. Pada bagian polong vanili terdapat garis, bersiku tiga lurus memanjang. Setiap polong terdapat biji yang jumlahnya sekitar 5-10 biji bahkan lebih. Biji berbentuk bulat pipih dan oval, berwarna hitam mengkilap, dan keras.

No comments:

Post a comment