Sunday, 29 March 2020

Klasifikasi dan Morfologi Tebu

Klasifikasi dan Morfologi Tebu

Tebu merupakan tanaman semusim yang di jadikan tanaman industri perkebunan yang memiliki keunikan sebab bagian batang tebu mengandung zat gula. Tebu termasuk tanaman jenis rumput-rumputan yang hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis serta keadaan suhu udara sedang sampai panas.

Karena memiliki kandungan zat gula, tanaman tebu dibudidayakan untuk bahan baku pembuatan gula dan vetsin. Setelah melalui proses pengolahan di dalam pabrik akan menghasilkan butiran-butiran kristal putih sehingga sering disebut juga gula putih atau gula pasir.

Menurut beberapa ahli mengatakan bahwa tebu berasal dari India, namun ada pula yang memiliki pendeapat lain bahwa tebu berasal dari Papua.

Klasifikasi Tanaman Tebu

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Trachebionta
Super divisi : Spermatophyta
Divisi : Magniliophyta
Kelas : Liliopsida
Sub kelas : Commelinidae
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Saccharum
Spesies : Saccharum officinarum L

Morfologi Tanaman Tebu

Akar Tebu

Tanaman tebu berakar serabut yang dapat tumbuh hingga satu meter. Terdapat dua perbedaan perakaran tanaman tebu yaitu: akar stek dan akar tunas. Akar stek, merupakan perakaran yang hanya tumbuh pada batang stek tanaman tebu muda bersifat tidak berumur panjang. Sedangkan akar tunas tumbuhnya dari tunas batang, berumur panjang selama tanaman masih hidup.

Batang Tebu

Batang tanaman tebu berbentuk bulat, tinggi dan ramping, serta tidak memiliki cabang. Ukuran tinggi batang sekitar antara 3-5 meter bahkan bisa lebih. Batang tebu dilapisin kulit yang sangat keras dengan berbagai warna seperti hijau, kuning, ungu, dan merah tua.

Pada bagian permukaan kulit tebu terdapat lapisan lilin. Batangnya memiliki ruas-ruas dan buku-buku yang menjadi tempat kedudukan daun. Pada bagian ketiak daun terdepat mata tunas yang dapat disetek untuk keperluan bahan tanam tanaman tebu.

Daun Tebu

Daun tebu merupakan daun tidak lengkap, karena tidak memiliki tangkai daun hanya pelepah dan beberapa helaian daun. Daun tanaman tebu dapat tumbuh mencapai panjang 1-2 meter. Daun tebu berwarna hijau muda hingga hijau tua, terdapat garis-garis yang memanjang, dan memiliki lapisan bulu-bulu kasar. Daun tanaman tebu tubuhnya dari ketiak daun.

Bunga Tebu

Tanaman tebu memiliki bunga majemuk, yang tersusun darai beberapa malai. Bagian-bagian bunga seperti kelopak daun berjumlah 3, satu daun mahkota, benang sari berjumlah 3, dan kepala putik berjumlah 2. Bunga tanaman tebu memiliki panjang sekitar 70-90 cm. Bunga tanaman tebu sangat rentan beguguran ketika masih muda atau dalam proses pertumbuhan sehingga bunga tersebut jarang terlihat oleh mata.

No comments:

Post a comment