Saturday, 28 March 2020

Klasifikasi dan Morfologi Melon

Klasifikasi dan Morfologi Melon

Melon merupakan tanaman yang menghasilkan buah-buahan yaitu melon yang juga termasuk ke dalam suku labu-labuan atau disebut Cucurbitaceae.

Buah melon sangat terkenal di seluruh dunia termasuk Indonesia. Buah melon biasanya dikonsumsi segar dan juga di olah menjadi minuman segar seperti jus melon dan juga sop buah. Bagian yang dikonsumsi dari buah melon adalah dagiang buahnya yang bertekstur lunak, berwarna putih, kuning sampai merah tergantung kultivar.

Keragaman Genetik Melon

Tanaman melon memiliki banyak keragaman bila dilihat dari bentuk buahnya. Melon memiliki dua subspesies dan sepuluh jenis kultivar seperti :

Subspesies melo

  • Muskmelon (Reticulatus)
  • Cantaloupe (Cantalupensis)
  • Casaba (Inodorus)
  • Pocketmelon (Dudaim)
  • Snakemelon (Flexuosus)
  • Chate (Adzhur)
  • Tibish

Subspesies agrestis

  • Snapmelon (Momordica, Adiculus)
  • Oriental pickling (Conomon)
  • Makuwa

Klasifikasi Tanaman Melon

Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Cucurbitales
Family : Cucurbitaceae
Genus : Cucumis
Spesies : Cucumis melo L

Morfologi Tanaman Melon

Tanaman melon tumbuh merambat atau menjalar dengan bantuan sulur. Tanaman melon merupakan tanaman semusim atau tahunan dan termasuk ke dalam kelas tumbuhan dikotil.

Akar Melon

Tanaman melon memiliki sistem perakaran tunggang dengan dua bagian seperti akar utama dan akar literal. Bagian akar utama memiliki ukuran mencapai 15-20 cm dari pangkal batang. Sedangkan bagian akar sekunder dengan luas sebarannya mencapai 35-45 cm.

Batang Melon

Batang pada tanaman melon berwarna hijau muda dengan bentuk segi lima berlekuk dengan 3-7 lekukan dan bergaris tengah 8-15 cm. Bagian permukaan batang terdapat lapisan berupa bulu-bulu kasar, selain itu batang melon memiliki buku atau ruas-ruas yang menempel pada tangkai daun.

Daun Melon

Daun pada tanaman melon berwarna hijau berbentuk oval reniformis menjari bersudut lima. Daun berlekuk dengan jumlah lekukan 5-7, diameter 8-15 cm, dan panjang tangkai daun 4-10 cm. Pada daun juga terdapat selur sederhana.

Bunga Melon

Tanaman melon memiliki bunga yang tubuh dari ketiak daun. Bunga tumbuh bergerombol dengan jumlah 3-6 buah. Pada bagian ketiak daun tumbuh bunga jantan yang ditopang dengan tangkai pipih panjang. Pada bunga jantan hanya terdapat mahkota bunga, benang sari dan tidak memiliki bakal buah. Sedangkan bunga betina tumbuh pada ruas percabangan di ketiak daun. Bunga betina memiliki mahkota, putik dan bakal buah. Bungan jantan dan betina akan melakukan penyerbukan dengan bantuan angin atau bantuan manusia akan menghasilkan bakal buah.

Buah Melon

Buah melon berbentuk bulat dan lonjong dengan warna hijau, kuning sampai hijau tua. Bagian dalamnya terdapat daging buah yang berwarna hijau, kuning sampai jingga, dan memiliki biji. Ketebalan kulit buah sekitar 1-2 mm yang keras dan kuat. Pada kulit buah memiliki bagian susunan seperti : epidermis, mesodermis, dan endodermis.

Biji Melon

Biji buah melon berwarna coklat muda dengan ukuran panjang 0,9 mm dan diameter 0,4 mm. Setiap satu buah melon memiliki jumlah biji sekitar 500-600 biji.


No comments:

Post a comment