Tuesday, 31 March 2020

Klasifikasi dan Morfologi Kelengkeng

Klasifikasi dan Morfologi Kelengkeng

Kelengkeng merupakan tanaman buah-buahan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Nama ilmiah kelengkeng adalah Dimocarpus longan dari seku lerak-lerakan atau Sapindaceae.

Buah kelengkeng berasal dari Asia Tenggara. Oleh masyarakat Indonesia kelengkeng dikunsumsi langsung dalam keadaan segar atau dikeringkan untuk bahan pembuatan minuman. Buah kelengkeng rasanya sangat manis dan segar sehingga digemari oleh masyarakat.

Bagian batang kelenkeng yang berkayu oleh masyarakat dijadikan bahan konstruksi ringan rumah dan perkakas seperti meja, kursi, lemari, dan rak sepatu. Masyarakat Cina menjadikan biji, buah, daun, dan bunga sebagai bahan obat herbal tradisional.

Klasifikasi Tanaman Kelengkeng

Kingdom : Plantae
Infra Kingdom : Streptophyta
Sub Kingdom : Viridiplantae
Divisi : Tracheophyta
Super Divisi : Embryophyta
Sub Divisi : Spermatophytina
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Sapindales
Super Ordo : Rosanae
Famili : Sapindaceae
Genus : Dimocarpus Lour
Spesies : Dimocarpus Longan Lour

Morfologi Tanaman Kelengkeng

Akar kelengkeng

Tanaman kelengkeng memiliki sistem perakaran tunggang yang dilengkapi dengan akar samping yang kuat dan panjang. Akar berfungsi untuk menyerap unsur hara dan air dari dalam tanah serta sebagai penopang batang agar tetap berdiri kokoh.

Batang kelengkeng

Pohon kelengkeng mampu tumbuh mencapai tinggi sekitar 40 meter serta batang berdiameter 1 meter.

Tanaman kelengkeng memiliki batang berkayu keras berbentuk bulat serta memiliki banyak percabangan.

Batang kelengkeng memiliki banyak percabangan yang pertumbuhannya merapat dan mendatar atau disebut percabangan simpodial. Warna pada permukaan batang kelengkeng coklat dan kasar.

Daun kelengkeng

Daun tanaman kelengkeng merupakan daun mejemuk yang tumbuh saling berhadap-hadapan dalam satu tangkai. Setiap tangkai jumlah daunnya sekitar 3-6 pasang daun.

Bagian ujung daun meruncing dan struktur daunnya menyirip serta warnanya hijau muda sampai hijau tua.

Bunga kelengkeng

Terdapat dua macam bunga pada tanaman kelengkeng yaitu, monoesis dan diesis. Bunga tanaman kelengkeng merupakan bunga yang mejemuk dengan ukuran yang minimalis, bermahkota 5 helai, bewarna coklat kekuningan.

Buah kelengkeng

Buah kelengkeng berbentuk bulat hingga lonjong dilapisin dengan kulit tipis. Buah yang masih muda lapisan kulitnya bewarna hijau dan jika buah sudah matang akan berubah warna menjadi coklat. Permukaan buah kelengkeng bertekstur kasar dan berbintil-bintil, daging buah bewarna putih transparan dan di dalamnya terdapat biji.

Biji kelengkeng

Biji pada buah kelengkeng berbentuk bulat bewarna hitam mengkilat yang diselimuti daging buah. Biji kelengkeng sebagai alat berkembangbiakan dan dapat disemai sebagai bibit induk.

No comments:

Post a comment