Monday, 30 March 2020

Klasifikasi dan Morfologi Burung Bangau

Klasifikasi dan Morfologi Burung Bangau

Bangau adalah jenis burung yang memiliki ukuran tubuh cukup besar termasuk dari famili Ciconiidae. Burung bangau memiliki keunikan tersendiri dari jenis burung lainnya yaitu tidak mengeluarkan suara karena tidak memiliki organ suara syrinx. Tidak memiliki suara, cara bangau berkomunikasi dengan pasangannya makan bangau akan mangadukan paruhnya. Mangsa utama bangau adalah katak, burung kecil, ikan, cacing, serta mamalia kecil di pantai dan lahan basah.

Bangau mudah dijumpai pada daerah yang beriklim hangat serta habitatnya di daerah yang lebih kering.

Bangau merupakan burung yang memiliki kemampuan terbang jauh atau disebut burung pantai migran. Saat terbang jauh, bangau memanfaatkan arus udara panas sehingga dapat menghemat energi.

Sebagaian orang mengira bahwa bangau merupakan burung monogami, namun itu tidak selalu benar. Padahal bangau adalah burung yang seteia pada sarang dan pasangannya, tetapi itu juga tidak selalu benar. Saat migrasi burung bangau yang tidak ditemani oleh pasangannya juga akan mencari pasangan baru pada daerah tujuan persinggahan.

Klasifikasi Bangau

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Upakelas: Neornithes
Infrakelas: Neognathae
Superordo: Neoaves
Ordo: Ciconiiformes
Famili: Ciconiidae
Genus :

  • Anastomus
  • Ciconia
  • Ephippiorhynchus
  • Jabiru
  • Leptoptilos
  • Mycteria

Morfologi Bangau

Burung bangau memiliki ciri-ciri tubuh yang berukuran besar, kakinya panjang, lehernya panjang namun lebih pendek dari burung kuntul dan mempunyai paruh yang besar, tebal, dan asangat kuat.

Bangau memiliki tubuh yang berat dengan rentang sayap sangat lebar. Bangau dari spesies Leptoptilos crumeniferus yang berasal dari daerah Afrika yang memiliki rantangan sayap hingga mencapai 3,2 meter, sehingga bangau mendapati juluka sebagai "burung darat dengan rentang sayap terpanjang di dunia" yang juga bersaingan dengan burung Kondor berasal dari daerah pegunungan Andes.

Bangau akan membuat sarang yang sangat besar dengan ukuran diameter hingga 2 meter dan kedalamannya 3 meter. Sarang yang dibuat untuk tempat tinggal dan meletakkan telur sampai menetas digunakan beberapa tahun.

No comments:

Post a comment