Wednesday, 7 August 2019

Syarat Tumbuh Nanas

Syarat Tumbuh Tanaman Nanas

Nanas merupakan tanaman hortikultura jenis buah-buahan yang dewasa ini produksinya terus ditingkatkan. Meningkatkan produksi buah nanas tidak lain agar mampu bersaing dalam ekonomi global. Selain peningkatan produksi, kualitas buah juga perlu diperhatiakan guna merambah ke pasar ekspor.


Upaya peningkatan produksi buah nanas dilakukan dengan perluasan areal lahan budidaya dan pembukaan lahan baru. Budidaya nanas harus memperhatikan kondisi lingkungan yang sesuai dengan karakteristik tanaman nanas. Sebelum nanas dibudidayakan, alangkah baiknya petani harus mengetahui syarat tumbuhnya agar produksi dan kualitas buahnya tinggi. Di bawah ini adalah penjelasan syarat tumbuh tanaman nanas:

Syarat tumbuh

Tanaman nanas sangat cocok ditanaman di daerah tropis yang letaknya berada antara 25° Lintang Utara sampai 25° Lintang Selatan. Nanas lebih baik ditanam pada ketinggian tempat 100m-800m diatas permukaan laut dengan temperatur antara 21°C-27°C. Tanaman nanas akan mengalami stagnan dalam pertumbuhannya jika ditanam di suatu daerah dengan suhu 10°C-16°C. Bila berada pada daerah dengan suhu di atas 27°C, maka yang terjadi adalah tanaman mengalami luka-luka karena proses transpirasi dan respirasi terlalu tinggi.

Curah hujan yang baik pada suatu daerah tempat budidaya nanas sekitar 1000mm-1500mm per tahun dan kelembapan udara sekitar 70%-80%. Tanah yang cocok untuk budidaya nanas seperti lempung berpasir, banyak mengandung bahan organik, drainase baik, serta dengan pH tanah di antara 4,5-6,5.

Cahaya matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman nanas. Cahaya matahari merupakan salah satu faktor penting dalam petumbuhan,perkembangan dan kualitas buah nanas. Intensitas cahaya yang terbaik untuk diterima oleh tanaman nanas berkisar antara 33-77%. Intensitas cahaya yang terlalu rendah akan menghambat pertumbuhan nanas, sedangkan intensitas cahaya terlalu tinggi akan merusak kualitas buah karena buah akan luka bakar.

No comments:

Post a comment