Thursday, 8 August 2019

Syarat Tumbuh Kacang Hijau

Syarat Tumbuh Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah tanaman palawija yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Kacang hijau memiliki banyak manfaatnya untuk tubuh manusia. Bagian kacang hijau yang dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomi tinggi adalah bagian bijinya.
Biji kajang hijau dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan makanan seperti isi dari onde-onde, isi bakpau, bubur kacang hijau dan minuman kemasan dll. Tingginya peminat terhadap kacang hijau, para petani terus membudidayakan kacang hijau untuk memenuhi ketersediaan pasar.


Agar budidaya kajang hijau mendapatkan hasil yang maksimal, petani harus mengetahui kondisi lingkungan apakah cocok dengan syarat tumbuh kacang hijau tersebut. Syarat tumbuh merupakan faktor lingkungan yang menentukan keberhasilan dalam budidaya kacang hijau.

teorieno.com – Akan menjelaskan secara lengkap bagaimana syarat tumbuh yang dikehendaki oleh tanaman budidaya kacang hijau agar hasil yang didapat terus meningkat. Brikut ini penjelasannya:

Syarat tumbuh

Iklim

Tananam kacang hijau menghendaki daerah budidaya dengan curah hujan berkisar 50-200 mm/bln. Temperatur yang terbaik buat pertumbuhan tanaman ini dengan kelembaban berkisar antara 50-80° dan mendapatkan cukup cahaya mata hari .

Kacang hijau merupakan tanaman yang cocok untuk dibudidayakan di daerah tropis. Kacang hijau dapat hidup pada daerah dataran rendah sampai tinggi. Kacang hijau dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian tempat 500 meter diatas permukaan laut (mdpl). Pada kondisi ekstrem seperti daerah yang cukup panas, dan curah hujan rendah dengan cara memanfaatkan kelembaban dari sisa tanaman lain yang terairi seperti bekas lahan padi setelah dipanen. Segala macam tipe tanah kacang hijau juga dapat hidup namun bisa tidak maksimal tergantung di mana ia tumbuh. Kacang hijau menghendaki keadaan tanah yang berlempung dengan kandungan bahan organik.

Tanah

Kacang hijau dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada kondisi tanah yang liat berlempung, memiliki kandungan bahan organik, berdrainase air baik, serta mengandung unsur makro dan mikro. Tidak baik juga pada kondisi tanah subur dengan kandungan unsur N-total (0,51-0,75%) dan K-total (0,61-1,00 C mol, kg pangkat men 1) karena pertumbuhan vegetatifnya sangat tinggi yang mengakibatkan sulitnya pertumbuhan polong kacang hijau. Tanah yang baik untuk pertumbuhan kacang hijau mengandung derajat keasaman optimum dengan pH 6,5.

Semua jenis tanah dapat ditanami kacang hijau asalkan air dan unsur hara yang dibutuhkan tanaman selama hidupnya terpenuhi. Sawah bekas tanam padi dengan sisa potongan jerami merupakan lahan yang baik untuk ditanami kacang hijau dan tidak perlu lagi melakukan pengolahan tanah. Namun sebaliknya, sawah yang sudah lama tidak ditanami padi harus dilakukan pengolahan tanah terlebih dahulu. Agar tanah tidak tergenang di lahan sawah harus dibuat drainase air.

No comments:

Post a comment