Thursday, 22 August 2019

Manfaat dari Anggaran


Manfaat dari Anggaran


Sebagai suatu teknik penyelenggaraan perusahaan, maka setiap kegiatan yang dilaksanakan diharapkan mempunyai kegunaan untuk mencapai tujuan perusahaan, begitu pula dalam hal penyusunan budget, secara teori dapat dikemukakan sebagai berikut : menurut Gunawan Adisaputro dan Marwan Asri (2003: 50) memerinci kegunaan dari anggaran , terdapat 3 (tiga) aktivitas perusahaan yaitu :

a. Perencanaan
b. Koordinasi
c. Pengendalian

Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi anggaran dalam hal perencanaan, koordinasi, dan pengendalian tersebut di atas dikemukakan sebagai berikut:

a. Hubungan Anggaran dengan Perencanaan

Setelah pimpinan menetapkan pilihan yang paling tepat atau yang paling baik berkenan dengan harga hasil pengeluaran teknik produksi dan sebagainya, maka pilihan ini diwujudkan dalam satu tindakan formal dan perencanaan terpadu. Hal ini merupakan salah satu tujuan yang paling penting dalam proses anggaran juga yang memaksa seorang pimpinan untuk benar-benar yakin bahwa setiap pilihan yang dibuat mempunyai hubungan koordinasi dengan pilihan yang diambil sebelumnya.

b. Hubungan Budget dengan Koordinasi

Budget tidak dapat dipisahkan dengan manajemen koordinasi di dalam perusahaan dimana perusahaan terdiri dari banyak departemen, karena koordinasi berhubungan dengan sinkronisasi yang menyeluruh yaitu terdiri dari jumlah, waktu, arah, dan mempunyai arti yang lebih luas dari pada koperasi. Di dalam organisasi ini tujuannya menyelaraskan dari rencana atau planning perusahaan ke dalam aktivitas-aktivitasnya supaya organisasi daripada perusahaan berjalan secara efektif dan efisien sesuai budget yang telah dibuat.

Koordinasi tidak dapat diperintahkan, atau dipaksakan tetapi dapat dilakukan dengan baik dengan permintaan, permohonan kepada organisasi perusahaan yang terkait. Hal ini akan lebih diresapi dan ditaati oleh pala pelaksana organisasi perusahaan, karena merasa dihargai,

c. Hubungan Budget dengan Pengendalian

Hubungan Budget dengan Pengendalian merupakan estimasi yang diharapkan terjadi, seperti membuat kriteria atau standar untuk mengevaluasi hasil. Suatu perbandingan yang dianggarkan dengan jumlah nyata sebagai dasar untuk mengevaluasi hasil yang lalu dengan tindakan yang akan datang. Supaya lebih efektif digunakan sebagai pengendali dan anggaran harus dikembangkan sebagai alat untuk menunjang produksi, pemasaran, administrasi dan sebagainya.

Hal-hal tersebut kemudian disatukan dalam induk anggaran perusahaan secara keseluruhan. Dengan cara ini hasil dari setiap pertanggung jawaban dapat dievaluasi berkenan dengan kegiatan-kegiatan yang akan diawasi selama jangka waktu tertentu.

No comments:

Post a comment