Thursday, 22 August 2019

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Leci

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Leci

Pada dasarnya tanaman leci dapat tumbuh dengan baik pada iklim tropis. Tanaman buah ini termasuk ke dalam familia lerak-lerakan Sapindaceae. Tanaman buah ini sudah tersebar di seluruh belahan dunia seperti di Tiongkok, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan bagian selatan dan tengah, Vietnam utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan dan Meksiko. Buah leci rasanya segar dan wangi yang khas.


Di Asia, buah leci dikonsumsi dalam bentuk buah segar dan dijadikan produk ekspor menjadi buah kaleng. Buah leci sering dijadikan toping kue puding yang dapat menambah tekstur kelejatan dan menambah penampilan yang cantik.

Terdapat kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia seperti vitamin C dan Potasium yang cukup tinggi. Dalam dunia industry makanan dan minuman, buah leci dikalengkan, dibuat selai dan sirup minuman segar ekstrax buah leci.

Bagi tubuh manusia, buah leci memiliki banyak manfaat di dalam bidang kesehatan. Buah leci dapat mengatasi masalah kesehatan manusia seperti dapat mengurangi tumor, meredakan batuk, mengatasi masalah usus, mencegah diare dan mencegah cacar.

Klasifikasi Tanaman Leci

Kingdom: Plantae
(tanpa takson): Angiospermae
(tanpa takson): Eudikotil
(tanpa takson): Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Sapindaceae
Genus: Litchi Sonn.
Spesies: L. chinensis

Morfologi Tanaman Leci

Buah leci berukuran kecil berbentuk bulat seperti kelereng. Daging buah berwarna putih bening dengan lapisan kulit berwarna merah. Rasa buahnya asam manis segar dan enak serta bau wangi yang khas.

Tanaman leci dapat tumbuh mencapai 12-25 meter. Berbunga banyak dan sempurna tersusun dalam satu malai atau disebut panicula.

Berdaun majemuk dengan jumlah 5-9 helai. Daun berwarna hijau berbentuk oval dan juga bulat telur. Pertulangan daun menyirip, memiliki tangkai silindris.

No comments:

Post a comment