Saturday, 24 August 2019

Klasifikasi dan Morfologi Salak (Salacca zalacca (Gaertn.) Voss

Klasifikasi dan Morfologi Salak (Salacca zalacca (Gaertn.) Voss


Salak merupakan tanaman yang masih berkeluarga dengan tanaman palma. Salak memiliki nama latin atau ilmiah yaitu Salacca zalacca yang diperkirakan berasal dari Malaysia, Thailand, dan Indonesia.


Di luar Indonesia buah salak ini sering kali dijuluki sanke fruit karena kulitnya yang menyerupai sisik ular. Di Jawa bagian barat daya dan Sumatera tanaman salak begitu banyak populasinya. Hingga menyebar ke Mulucca, Papua New Guinea, Filipina, kepulauan Fiji dan Queensland (Australia).

Di Indonesia tanaman salak sudah dibudidayakan dan tersebar di daerah-daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I.Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku, Bali, NTB lan Kalimantan Barat.

Oleh masyarakat lokal, buah salak sering dihidangkan menjadi buah meja. Buah salak juga dapat diolah menjadi produk makanan seperti manisan buah salak dan buah kaleng. Buah salak memiliki rasa yang asam manis gurih dan segar.

Klasifikasi buah salak

Kerajaan : Plantae
Divisi :Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Arecales
Famili : Arecaceae
Genus : Salacca
Spesies : Salacca edilus reinw dan Salacca zalacca

Morfologi buah salak

Akar salak

Tanaman salak tumbuh dengan perakaran serabut yang sangat banyak dan kuat. Akar serabut tanaman salak tumbuh ke dalam tanah begitu dangkal hanya mencapai ke dalam 10-50 cm. Akar salak berfungsi sebagai alat penyerapan unsur hara dan air serta sebagai penopang tubuhnya bagi tanaman itu sendiri.

Batang salak

Tanaman salak juga memiliki batang namun tidak terlihat secara jelas karena tertutup oleh banyaknya daun. Batang diselimuti oleh banyaknya duri tajam sebagai alat pertahanan diri dari gangguan organisme lain. Warna batang hijau dan dibagian dalamnya berwarna putih. Batang salak membentuk rimpang yang tumbuhnya menjalar ke bawah.

Daun salak

Tipe daun salak adalah majemuk menyirip dengan panjangnya berkisar 3-7 meter. Daun juga memiliki tulang daun primer yang kuat seperti daun kelapa yang dijadikan sapu lidi.

Bunga salak

Di dalam satu tanaman salak memiliki tiga macam bunga yaitu bunga jantan, bunga betina, dan bunga sempurna. Pada bunga betina dilapisin seludang yang bertangkai pendek sedangkan bunga jantan dilapisi seludang yang bertangkai panjang.

Warna bunga jantan coklat dan tumbuh berkelompok dan terdiri dari 4-12 malai. Sedangkan warna bunga betina adalah hijau berbintik merah serta memiliki petal.
Bunga salak tumbuh dari ketiak pelepah daun. Proses pembuahan bunga tanaman salak dengan cara penyerbukan silang yang dibantu oleh serangga (Curculinoid sp) atau kumbang moncong.

Buah salak 

Buah salak berbentuk bulat kerucut dengan dibungkus kulit menyerupai sisik ular dan berwarna coklat muda sampai tua. Kulit yang menyerupai ular inilah oleh sebagian masyarakat barat disebut snake fruit atau buah ular.

Buah salak memiliki jumlah biji 3-4 yang daging buahnya berwarna putih. Di dalamnya terdapat biji yang keras berwrana coklat. Buah salak juga dilapisi selaput bening transparan yang tidak tembus air namun tembus cahaya.

Buah salak memiliki rasa yang unik asam manis segar dan gurih. Di Indonesia buah salak yang terkenal lezatnya adalah salak pondoh.

No comments:

Post a comment