Friday, 8 December 2017

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Selada Merah

Klasifikasi Dan Morfologi Selada Merah


Tanaman selada merah diduga berasal dari Asia Barat dan Amerika, dan sudah meluas kewilayah mediteran. Di Indonesia sentral budidaya selada merah berada di daerah Cipanas (Cianjur) dan Lembang (Bandung). Tanaman selada merah (Red lettuce) termasuk jenis tanaman sayuran daun semusim, berumur pendek, dan berbentuk perdu atau semak (Sumayono, 2000). Selada merah paling sering dikonsumsi menjadi lalapan oleh masyarakat Indonesia dan mungkin diseluruh belahan dunia.

Klasifikasi Selada Merah

Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub divisio : Angiospermae
Class : Dikotyledonae
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae
Genus : Red
Spesies : Red lettuce

Morfologi Selada Merah

Akar (Radix)

Sistem perakaran tanaman selada merah berupa akar tunggang dan serabut. Akar tunggangnya tumbuh lurus ke dalam tanah sampai kedalaman 40 cm, sedangkan akar serabutanya umumnya tumbuh menyebar (menjalar) ke samping dan menembus tanah dangkal pada kedalaman 30 cm. Akar tanaman berwarna keputih-putihan.

Batang (Caulis)


Batang tanaman selada merah berbentuk bulat, berbuku-buku, kokoh dan kuat dan ukurannya beragam. Warna batang umumnya hijau muda, batang tanaman tersebut merupakan tempat tumbuhnya tangkai-tangkai daun yang rimbun sehingga sebagian besar batang tertutup oleh tangkai-tangkai daun yang rimbun. Permukaan batang halus dan pada buku-buku batang tempat tumbuhnya tangkai daun. Diameter batang selada daun adalah 3 cm.

Daun (Folium)

Tanaman selada merah umumnya berdaun rimbun dan letak daun berselang-seling mengelilingi batang. Daun memiliki bentuk yang beragam, seperti bulat dan lebar, lonjong dan lebar, bulat panjang dan lebar. Warna daun merah dan daun memiliki tulang-tulang daun yang menyirip seperti duri ikan, helaian daun umumnya bergerigi pada bagian tepinya. Tanaman selada merah berdaun tunggal, umumnya berukuran panjang antara 20-25 cm atau lebih dan lebarnya sekitar 15 cm. Helaian daun tipis agak tebal, lunak, halus dan licin.

Bunga (Flos)

Tanaman selada merah memiliki bunga berwarna kuning dan tumbuh dari pucuk tanaman yang tersusun dalam satu rangkaian bunga yang bercabang-cabang. Tiap-tiap cabang dalam satu rangkaian bunnga tumbuh kuntum-kuntum bunga yang lebat, bunga selada merah berjenis kelamin hermaprodit. Bunga selada merah yang telah mengalami penyerbukan akan menghasilkan buah dan biji.

Buah dan biji (Semen)


Buah tanaman selada merah berbentuk polong dan di dalamnya berisi biji yang sangat kecil, bentuk biji lonjong pipih. Warna biji selada merah berwarna coklat tua, ukuran bijinya memiliki panjang 4 mm dan lebar 1 mm.

No comments:

Post a comment