Thursday, 10 August 2017

Syarat Tumbuh Timun

Syarat Tumbuh Mentimun


Syarat tumbuh timun merupakan kondisi suatu tempat yang cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman timun yang mencakup iklim dan tanah. Di bawah ini adalah syarat tumbuh timun:


Syarat Tumbuh Tanaman Timun



Iklim

Salah satu kelebihan tanaman timun adalah memiliki daya adaptasi yang cukup luas terhadap lingkungan tumbuhnya. Di negara Indonesia timun dapat tumbuh dan berkembang pada dataran tinggi maupun rendah dengan estimasi lebih kurang 1000 mdpl.

Timun membutuhkan suhu yang sesuai agar dapat berproduksi tinggi, suhu yang dibutuhkan berkisar antara 20-32 derajat selsius dengan suhu optimal 27 derajat selsius. Keadaan suhu udara di Indonesia ditentukan oleh tinggi permukaan laut.

Cahaya merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman timun. Lama pencahayaan yang harus diterima tanaman timun agar dapat menyerap unsur hara dengan optimal berlangsung sekitar 8-12 jam per hari.

Kelembapan relatif udara (RH) yang dibutuhkan tanaman timun untuk perkembangan dengan baik berkisar antara 50-85%. Selain itu, timun membutuhkan curah hujan yang optimal berkisar antara 200-400 mm/bulan. Curah hujan yang terlalu tinggi tidak baik untuk tanaman ini karena akan mengakibatkan keguguran bunga.

Tanah

Sebagian besar tanah yang digunakan sebagai lahan pertanian pada dasarnya cocok ditanamin mentimun. Agar hasil produksi optimal tanaman timun membutuhkan kondisi tanah yang memiliki banyak humus, bahan organik, subur, gembur dan cukup air. Kadar keasaman tanah yang baik berkisar antara pH 6-7. Timun juga toleran terhadap tanah yang memiliki pH minimal 5,5 dan maksimal 7,5. Jika pH tanah kurang dari 5,5 akan mengganggu pertumbuhan timun karena penyerapan unsur hara oleh akar terhambat dan jika tanah terlalu asam akan menyebabkan penyakit klorisis.

No comments:

Post a comment