Friday, 11 August 2017

Syarat Tumbuh Anggur

Syarat Tumbuh Tanaman Anggur


Syarat tumbuh anggur merupakan tempat dan kondisi iklim dan tanah yang cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman anggur agar mendapatkan hasil yang optimal. 



Syarat tumbuh anggur



Iklim

Tanaman anggur dapat tumbuh di daerah subtropis maupun tropis pada dataran rendah. Di daerah subtropis tanaman anggur membutuhkan musim panas yang hangat dan kering serta musim dingin yang ringan.

Tanaman anggur juga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada daerah tropis di dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 5-1000 m dpl. Selain itu ketinggian tempat yang optimum untuk budidaya anggur berkisar antara 0-300 m dpl.

Musim kemarau panjang berkisar antara 4-7 bulan merupakan musim yang baik untuk budidaya anggur. 

Curah hujan yang dibutuhkan oleh tanaman anggur agar perkembangannya baik rata-rata 800 mm/tahun. Hujan yang terus-menerus tidak baik bagi keberlangsungan hidup tanaman anggur karena akan merusak premordia/bakal perbungaan tengah berlangsung dan mudah diserang hama serta penyakit. 

Tanaman anggur membutuhkan sinar matahari penuh.

Kelembaban udara untuk pertumbuhan anggur yang baik berkisar antara 75%-80%. Sementara suhu yang dibutuhkan pada siang hari maksimal 31 derajat selsius dan pada malam hari minimal 23 derajat selsius. Suhu yang rendah hingga -18 derajat selsius akan mengakibatkan pucuk muda membeku hingga mati. Sedangkan suhu yang baik bagi keberlangsungan hidup tanaman anggur adalah tidak kurang dari 18 derajat selsius.

Tanah

Tanah yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman anggur adalah pasir dan lempung berpasir serta banyak mengandung hara, bahan organik, gembur, dan mengandung cukup air. Tanah yang mengandung banyak bahan organik pertanda bahwa tanah tersebut subur. Derajat keasaman tanah yang dibutuhkan tanaman anggur adalah pH 7 (netral).



No comments:

Post a comment