Friday, 21 April 2017

Syarat Tumbuh Tanaman Melon

Syarat Tumbuh Tanaman Melon

Syarat tumbuh melon merupakan tempat dengan faktor iklim dan kondisi tanah yang cocok untuk pertumbuhan melon agar mendapatkan hasil panen dan menguntungkan.

Syarat Tumbuh Melon

Iklim 

Tanaman melon dapat tumbuh dan berproduksi dengan babik di daerah tropis dan subtropis. Ketinggian tempat yang baik untuk pertumbuhan melon berkisar antara 300-900 m dpl. 

Tanaman melon menghendaki daerah dengan tingkat curah hujan berkisar antara 1000-1500 mm/tahun. Pada musim hujan sangat tidak cocok untuk berbudidaya tanaman melon. Hujan yang terus-menerus akan mengakibatkan menggugurnya bakal buah yang sudah terbentuk.

Selama pertumbuhannya tanaman melon membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Lama penyinaran matahari yang dibutuhkan tanaman melon berkisar antara 10-12 jam seharai. Areal pertanaman melon harus terbuka tanpa ada naungan.

Meskipun tanaman melon harus ditanaman pada lahan yang terbuka, akan tetapi melon membutuhkan suhu yang sejuk untuk pertumbuhannya. Pada saat berkecambahan tanaman melon membutuhkan suhu optimal berkisar antara 26-30 derajat selsius. Suhu ideal untuk pertumbuhan akar melon antara 20-30 serajat selsius. Pada siang hari suhu yang ideal untuk pembesaran buah melon adalah 26 derajat selsius, sedangkan pada malam hari suhu yang baik adalah kurang dari 20 derajat selsius.

Tanah 

Tanaman melon agar mampu berproduksi dengan baik membutuhkan tanah gembur, mempunyai lapisan olah yang tebal, porus, dan kaya bahan organik. Derajat keasaman tanah yang baik untuk tanaman melon agar pertumbuhannya optimal adalah pH 6,0-6,8. Pada pH 5,6-7,2 tanaman melon masih dapat tumbuh dan berproduksi. Sedangkan pada pH kurang dari 5,6 (masam) tanaman melon tidak mampu berproduksi dengan optimal.

Tanah yang baik bagi tanaman melon adalah tanah yang gembur dan mengandung bahan organik serta tidak tergenang oleh air. Sejatinya tanaman Cucurbitaceae (keluarga timun) tidak menyukai tanah yang tergenang.


Baca Juga : Syarat Tumbuh Alpukat

No comments:

Post a comment