Wednesday, 19 April 2017

Syarat Tumbuh Tanaman Kakao

Syarat Tumbuh Tanaman Kakao

Syarat tumbuh kakao adalah daratan dengan keadaan lingkungan yang cocok untuk perkembang biakan kakao agar hasil buah yang didapat berkualitas dan berkuantitas yang baik.


Keadaan Tanah

Tanaman kakao dapat tumbuh pada ketinggian tempat optimum 1-600 m dpl dan maksimum dapat tumbuh pada ketinggian 1200 m dpl dengan kemiringan lereng max 40 derajat. Membutuhkan ketersediaan air yang cukup di dalam tanah karena tanaman kakao sangat sensitif bila kekurangan air, oleh karena itu tanahnya harus memiliki drainase air yang baik. Tanaman kakao tumbuh subur pada solum sampai ke dalaman 90 cm tanpa ada lapisan padas. Tekstur tanah yang dibutuhkan tanaman kakao adalah lempung liat dan berpasir dengan komposisi pasir 50%, debu 10-20%, dan liat 30-40%, sedangkan struktur tanah yang dikehendaki adalah kasar yang berguna untuk memberi ruang agar akar dapat menyerap sumber nutrisi yang diperlukan sehingga akar dapat berkembang dengan optimal. Kandungan keasaman tanah yang diperlukan adalah pH optimum 6-6,5 sesuai pada tanah regosol.

Keadaan Iklim

Curah hujan

Salah satu unsur iklim terpenting adalah curah hujan. Curah hujan yang dibutuhkan untuk tanaman kakao harus tinggi dan terdistribusi dengan baik sepanjang tahun. Tanaman kakao membutuhkan tingkat curah hujan per tahunnya berkisar antara 1500 mm-2500 mm. Apabila terjadi kemarau, diharapkan tingkat curah hujan lebih kurang dari 100 mm per bulan dan tidak lebih dari tiga bulan. Tingkat curah hujan yang terlampau tinggi (>4500 mm/th) akan mengakibatkan hasil panen buah kako menurun dan kualitas rendah akibat terjangkit penyakit busuk buah.

Temperatur 

Temperatur sangat penting peranannya di dalam unsur iklim karena sengat erat kaitannya dengan ketersediaan air, sinar matahari, dan kelembaban. Suhu sangat berpengaruh pada pembentukan tunas muda, pembungaan dan kerusakan daun. Suhu yang dibutuhkan agar tanaman kakao dapat tumbuh dan berkembang dengan baik berkisar antara 18-32 derajat celcius. Adapun suhu minimum yang dibutuhkan kakao adalah berkisar 18-21 derajat celcius sedangkan suhu maksimum berkisar 30-32 derajat celcius. Suhu yang terlalu rendah dibawah 18 derajat celcius akan menggugurkan daun  serta mengeringnya bunga. Sedangkan suhu tinggi mengakibatkan gugurnya bunga.

Sinar matahari

Kakao merupakan tanaman yang membutuhkan naungan. Jika kakao mendapatkan sinar matahari terlalu banyak dalam waktu yang lama akan mengakibatkan tanaman menjadi kerdil dan batang menjadi kecil.

No comments:

Post a comment