Friday, 21 April 2017

Syarat Tumbuh Kacang Tanah

Syarat Tumbuh Kacang Tanah 

Syarat tumbuh kacang tanah merupakan keadaan tempat yang dipegaruhi oleh iklim dan keadaan tanah yang cocok bagi tanaman untuk tumbuh dan berkembang dengan baik serta menghasilkan panen yang berkualitas dan berkuantitas tinggi.

Syarat Tumbuh Kacang Tanah

A. Iklim 

1. Ketinggian tampat

Tanaman kacang tanah dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dibawah 500 m dpl dan pada ketinggian maksimum 1000 m dpl kacang tanah dapat tetap tumbuh. Perlu diketahui bahwa semakin tinggi daerah penanaman dari permukaan laut, produksi kacang tanah akan menurun. Kacang tanah tidak memerlukan naungan, apabila areal penanaman kacang tanah ternaungi maka akan berdampak buruk bagi pertumbuhan kacang tanah kerena tanaman menjadi kurus dan tinggi, bunganya kurang produktif yang membuat hasil penen rendah. Terdapat jenis kacang tanah tertentu yang membutuhkan ketinggian tempat tertentu untuk dapat tumbuh optimal.

2. Curah hujan

Curah hujan yang cocok untuk kacang tanah dapat tumbuh optimal adalah kisaran antara 800 mm-1300 mm per tahun dan bulan kering rata-rata sekitar 4 bulan per tahun. 

3. Suhu

Suhu yang baik untuk pertumbuhan kacang tanah berkisar antara 28-32 derajat celcius dengan RH 65%-75%.

4. Sinar matahari

Kacang tanah sangat memerlukan sinar matahari penuh untuk kesuburan daun dan perkembangan ukuran kacang.

B. Keadaan Tanah

Agar kacang tanah dapat tumbuh optimal, darajat keasaman tanah yang diperlukan pH berkisar antara 6,0-6,5. Struktur tanah yang baik adalah tanah yang berstruktur ringan (remah) agar menguntungkan bagi tanaman kacang tanah yang dimana bakal buah (ginofor) mudah mesuk ke dalam tanah dan polong mudah  menembus tanah, perkembangannya normal, serta mudah untuk dipanen. Tanah yang tegenang/kelembabannya tinggi (berdrainase buruk) menyebabkan akar dan polong kacang tanah mudah busuk. Demikian sebaliknya, tanah yang kelembabannya terlalu rendah/kering menyebabkan tanaman tumbuh merana (kerdil), bahkan gagal membentuk polong dan kalaupun ada polongnya kopong.

1 comment: