Thursday, 13 April 2017

Pengertian Gulma

Pengertian Gulma 

Gulma adalah tumbuhan yang tumbuh pada lahan pertanian bersifat mengganggu tanaman budidaya karena bersaing dalam menyerap hara. Petani tidak mengharapkan tumbuhnya gulma pada lahan pertanian mereka karena bagi mereka sangat merugikan, hasil produksi akan tidak optimal dan mengalami kerugian. Perkembangbiakan gulma relatif cepat, daya regenerasinya tinggi apabila terluka, dapat tumbuh dan berbunga dengan baik walaupun kondisi tanah kekurangan unsur hara dan air.

Siklus hidup gulma dapat dibagi menjadi beberapa kelompok antara lain, gulma annual, biannual, dan perennial. Kelompok gulma annual adalah gulma yang hanya mampu menjalankan siklus hidupnya dalam satu tahun atau satu musim. Secara umum gulma annual menghasilkan banyak biji dan membutuhkan kondisi lingkungan yang khusus untuk dapat menyelesaikan siklus hidupnya. Contoh gulma annual yaitu Ageratum conyzoides (gulma daun lebar), Cyperus difformis (gulma teki), dan Echinocloa colonom (gulma rumput).

Gulma biannual adalah gulma yang siklus hidupnya mencapai 2 tahun. Kelompok gulma biannual pada tahun pertama selama masa hidupnya untuk menyimpan makanan pada akar untuk kehidupan ditahun kedua. Fase reproduksi gulma biannual pada tahun pertama bunganya berbentuk roset dan pada tahun kedua menghasilkan bungan yang memproduksi biji lalu mati seperti D. carota.

Gulma perenial adalah jenis gulma yang siklus hidup satu generasi selama tiga tahun. Gulma perenial dapat berkembang biak dengan biji, tetapi dapat sangat produktif dengan potongan batang, umbi, rhizoma, stolon, dan daun. Gulma jenis ini sebagian besar sangat sulit dikendalikan terutama yang berkembang biak secara vegetatif dan generatif seperti Imperata cylindrica dan Cyperus rotundus. 

No comments:

Post a comment