Wednesday, 12 April 2017

Klasifikasi Dan Morfologi Rumput Gajah (Pennisetum purpureum Schaum)

Klasifikasi Dan Morfologi Rumput Gajah

Rumput gajah (Pennisetum purpureum Schaum) merupakan jenis tanaman rumput yang paling besar dari jenis rumput lainnya dan berasal dari Afrika. Tanaman ini masuk ke Indonesia pada tahun 1962 dan tumbuh alami di seluruh dataran Asia Tenggara. Secara umum di Indonesia tanaman ini dijadikan pakan ternak dan memiliki peranan yang sangat penting dalam pemenuhan gizi ternak.


Rumput gajah memiliki keistimewaan yang dimana tanaman ini dapat tumbuh pada lahan yang minim nutrisi dan tanah kritis. Rumput gajah juga tidak terlalu banyak membutuhkan tambahan nutrisi/pupuk atau tanpa tambahan pupuk dan tanaman ini dapat menanggulangi/memperbaiki kondisi tanah yang rusak akibat erosi.

Rumput gajah merupakan pakan hijauan yang banyak dimanfaatkan dalam progam penggemukan ternak, meningkatkan hasil susu ternak, dan pembibitan ternak. Rumput gajah mengandung nutrien yang terdiri atas : bahan kering (BK) 19,9%; protein kasar (PK) 10,2%; lemak kasar (LK) 1,6%; serat kasar (SK) 34,2%; abu 11,7%; dan bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) 42,3% (Rukmana, 2005).

Klasifikasi Tanaman Rumput Gajah

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Sub kingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Liliopsida (Berkeping satu/ monokotil)
Sub kelas : Commelinidae
Ordo : Poales
Famili : Poaceae (Rumput-rumputan)
Genus : Pennisetum
Spesies : Pennisetum purpureum Schaum

Morfologi Tanaman Rumput Gajah

Akar

Rumput gajah memiliki akar serabut yang tumbuh pada buku-buku dari batang yang merayap di permukaan dan dalam tanah. Akar yang merayap dan membentuk jalinan dipermukaan tanah dapat menutup tanah sehingga dapat menahan terjadinya erosi.

Batang

Batang rumput gajah mirip dengan tanaman tebu tumbuhnya tegak mencapai 2-5 meter, batang bulat berkayu berdiameter lebih dari 3 cm, terdiri sampai 20 ruas/buku. Batang rumput gajah terdapat perisai daun yang agak berbulu dan menutupi batang.

Daun

Daun rumput gajah berdaun tipis berbentuk pita memanjang dan berbulu, panjang daun dapat mencapai 30-120 cm dengan lebar kurang dari 30 cm, dan memiliki tulang daun.

Bunga

Bunga rumput gajah bertipe tandan berwara emas.

1 comment: