Wednesday, 26 April 2017

Klasifikasi Dan Morfologi Asystasia Gangetica

Klasifikasi Dan Morfologi Asystasia Gangetica

Tumbuhan ganda rusa (Asystasia intrusa) merupakan tumbuhan berpotensi menjadi gulma yang mudah ditemui di perkarangan rumah, tepi jalan, kebun, dan lapangan terbuka. Tumbuhan ini berasal dari Afrika.


Asystasia intrusa merupakan gulma penting yang dapat tumbuh ternaungi atau pun terbuka. Dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian tempat 500 m dpl. Tumbuhan ini sangat berkopetitif dan membutuhkan unsur hara tinggi terutama N dan P. Berkembang biak secara vegetatif melalui biji, biji akan berkecambah setelah 30 hari polong pecah, berkecambah selama 10 hari akan tumbuh cepat, dan 8 bulan atau lebih akan menghasilkan polong dengan biji.

Klasifikasi Tumbuhan Asystasia Gangetica

Klasifikasi Asystasia Gangetica
Kingdom  : Plantae
Divisio  : Magnoliophyta/Spermatophyta
Classis : magnoliopsida/Dicotyledoneae
Ordo : Scrophulariales
Familia  : Acanthaceae
Genus  : Asystasia
Species  : Asystasia Gangetica

Morfologi Tumbuhan Asystasia Gangetica

Akar

Akar tumbuh dari cabang dengan sistem perakaran tunggang, bercabang kecil dan terdapat bulu-bulu akar, akar berwarna putih kecoklatan.

Batang

Berbatang lunak, bentuk persegi memanjang, berwarna hijau kecoklatan dan dapat tumbuh dalam keadaan yang kurang baik.

Daun

Kedudukan daun saling berhadapan, berbentuk bulat panjang, pangkal bulat, ujung runcing, pertulangan daun menyirip, bertangkai dan berwarna hijau.

Bunga

Bunga tersusun rapat dalam tandan seperti bulir, mahkota berwarna putih dan berwarna keungu-unguan, kelopak bunga menutupi ovary.

Polong

Bentuk polong kotak, panjang 2-3 cm, dalam satu polong terdapat biji berjumlah kurang lebih 4 biji. Buah yang belum masak berwarna hijau dan setelah buah masak akan berwarna coklat.

Biji

Biji kecil dan ringan berwarna coklat kehitaman sehingga mudah terbawa oleh angin, dan tumbuh dengan penyebaran yang luas.

No comments:

Post a comment