Friday, 14 April 2017

Klasifikasi Dan Morfologi Alang-alang (Imperata cylindrica)

Klasifikasi Dan Morfologi Alang-alang 

Alang-alang (Imperata cylindrica) adalah rumput berdaun tajam yang tumbuh di lahan pertanian, dan di tepi jalan. Bagi petani alang-alang sangat merugikan karena dapat menurunkan hasil akibat dari persaingan dengan tanaman budidaya dalam menyerap nitrisi. Alang-alang sangat sulit untuk di kendalikan karena berkembang biaknya sangat cepat dan mudah. Bunga yang mengandung biji matang berbulu dan ringan sehingga mudah menyebar kearea lainnya dan berkembang biak menjadi tumbuhan pengganggu.


Alang-alang walaupun sebagaian besar masyarakat menganggap sebagai tumbuhan pengganggu dan merugikan, ternyata memiliki manfaat dibidang kesehatan. Bagian dari tumbuhan alang-alang yang bermanfaat bagi kesehatan adalah rimpang dan akar yang dipercaya oleh masyarakat dapat meluruhkan kencing, mengobati demam dan lain-lain.

Klasifikasi Alang-alang

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Imperata
Spesies : Imperata cylindrica

Morfologi Tumbuhan Alang-alang

Batang

Batang alang-alang terdiri atas bagian pangkal tunas terdapat beberapa ruas pendek, tunas yang berbunga beruas panjang terdiri atas satu sampai tiga ruas, tumbuh vertikal dan terbungkus di dalam daun. Tinggi batang alang-alang yang dapat berbunga kurang lebih 20-30 cm. Batang alang-alang yang berada dipermukaan tanah berwarna keunguan.

Rimpang (rizoma)

Rimpang alang-alang tumbuh di tanah pada kedalaman 0-40 cm. Rimpang alang-alang tumbuhnya memanjang dan bercabang-cabang, berwarna keputihan dengan panjang kurang lebih 1 meter dan beruas-ruas. Alang-alang memiliki akar serabut yang tumbuh dari pangkal batang dan ruas-ruas pada rimpang.

Daun

Helai daun alang-alang berwarna hijau sampai hijau kekuningan, tumbuh tegak berbentuk garis-garis (lanset) yang semakin menyempit ke bagian pangkal. Panjang dan lebar helai daun kurang lebih 12-80 cm x 5-18 mm. Tulang daun alang-alang berbentuk lebar dan berwarna agak pucat. Permukaan dan tepi daun terasa kasar bila diraba.

Bunga

Bunga alang-alang berbentuk malai dengan bulir bunga yang tersusun rapat, berbentuk ellips meruncing, mempunyai rambut-rambut halus dan ringan sehingga mudah terbawa angin. Bunga yang mudah terbawa angin akan memperluas berkembang biakan alang-alang dari tempat semula ke tempat yang lainnya, jarak tergantung berapa besar angin mampu membawanya. Bunga alang-alang memiliki benang sari berwarna kekuningan dan putik tunggal berwarna keunguan.

No comments:

Post a comment