Saturday, 17 December 2016

Klasifikasi Dan Morfologi Ubi Jalar (Ipomoea batatas (L) Lam)

Klasifikasi Dan Morfologi Ubi Jalar (Ipomoea batatas (L) Lam)

Ubi jalar atau ketela rambat diduga berasal dari benua Amerika. Para ahli botani dan pertanian memperkirakan daerah asal tanaman ubi jalar adalah Selandia Baru, Polinesia, dan Amerika Bagian Tengah. Seorang ahli botani Soviet, Nikolai Ivanovich Vavilov memastikan daerah sentrum primer daerah asal tanaman ubi jalar adalah Amerika Tengah (Rukmana, 1997).

Klasifikasi Dan Morfologi Ubi Jalar (Ipomoea batatas (L) Lam)

Klasifikasi Ubi Jalar

Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae,
Bangsa : Tubiflorae
Famili : Convolvulaceae
Genus : Ipomoea
Spesies : Ipomoea batatas (L.) Lam

Morfologi Ubi Jalar

Tanaman ubi jalar secara umum terdiri dari 2 bagian utama, yaitu brangkasan (shoots) atau organ tanaman yang ada diatas permukaan tanah berupa batang utama dan cabang (sulur), daun, bunga, dan biji, serta organ tanaman yang berada di dalam tanah berupa akar (fiberous noots) dan ubi (tuberous roots).

Ubi jalar menghasilkan ubi sebagai hasil dari pertumbuhan sekunder dari beberapa akar ubi (tuberous roots) pada zona perakaran (lapisan tanah sedalam 20-25 cm).Bagian-bagian ubi meliputi pangkal ubi (proximal end), bagian tengah ubi yang merupakan bagian lebih membesar dan pucuk atau ujung ubi yang letaknya paling jauh dari tangkai ubi (distal end).

Bentuk dan ukuran ubi sangat bervariasi, bergantung pada klon atau varietasnya, struktur tanah, dan faktor lainnya. Bentuk ubi jalar pada umumnya yaitu, membulat (perbandingan panjang dan lebar ubi 1:1), elips membulat (perbandingan panjang dan lebar ubi 2:1), elips (perbandingan panjang dan lebar ubi 3:1), bulat telur (melebar pada bagian ujung), bulat telur (melebar pada bagian pangkal), elips memanjang, dan tidak beraturan (Huaman 1992, dalam Sri W. dan J.Wargino 2011)

Warna kulit ubi jalar bervariasi mulai dari warna krem, keputih putihan, kuning, orange, coklat-orange, merah muda, merah-ungu, dan ungu sangat tua, bergantung pada kondisi lingkungan tumbuh.Sedangkan warna daging ubi bervariasi dari warna putih, krem, kuning, orange, dan ungu.

No comments:

Post a comment