Thursday, 1 December 2016

Bagaimana Zat Pati Diproduksi Di Dalam Tanaman

Bagaimana Zat Pati Diproduksi Di Dalam Tanaman

Dengan dibantu oleh sinar matahari dan klorofil, tanaman menyatukan air yang diserab dan diabsorpsi dari dalam tanah denga karbon dioksida yang diserap dari udara untuk memproduksi gula. Gula yang dihasilkan akan diubah menjadi pati (zat tepung). Zat tepung akan disimpan di dalam batang, daun, akar, buah, dan biji dalam bentuk butiran. Zat tepung bagi tanaman merupakan persediaan makanan untuk perkembangan biji dan tunas baru hingga mereka mampu memproduksi makanannya sendiri.


Salah satu manfaat zat pati pada tanaman adalah untuk menambah energi tubuh manusia. Zat pati ini jika dikonsumsi tidak memiliki rasa/hambar. Untuk kebutuhan industri, zat pati dapat diektrasi dari tanaman dengan cara menghancurkan bagian tanaman yang digunakan untuk menyimpan zat pati tersebut.

Kini telah banyak tersedia zat pati dipasaran baik pasar tradisional maupun moderen dalam bentuk bubuk. Zat pati dapat digunakan untuk mencuci, sebagai bahan makanan, sebagai bahan perekat pada pabrik tekstil dan di pabrik perlengkapan kamar mandi.

No comments:

Post a comment