Monday, 28 November 2016

Tips Agar Tulang Tetap Kuat

Tips Agar Tulang Tetap Kuat dan Sehat

Tulang yang kuat dapat memperlancar segala aktivitas setiap hari. Oleh karena itu, Anda harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan terdahulu menemukan bahwa makanan berbahan dasar kedelai dapat menjaga kekuatan tulang. Hal itu dikarenakan kedelai memiliki kandungan fitoestrogen. Fitoestrogen terkandung disetiap makanan berbahan dasar kedelai, yaitu tempe, tahu, dan susu kedelai.

Tips Agar Tulang Tetap Kuat

Perlu diketahui, bahwa mengkonsumsi sodium berlebihan dapat menyebabkan berkurangnya kandungan kalsium dari tulang yang menyebabkan tulang cepat keropos. Sodium terkandung di dalam garam. Oleh karena itu, batasilah dalam mengkonsumsi garam dengan cara mengurangi konsumsi makanan instan/cepat saji dan mengurangi garam dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Vitamin C juga sangat berguna untuk membangun kolagen pembentuk tulang. Beberapa hasil penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bahwa wanita yang rajin mengkonsumsi suplemen vitamin C memiliki tulang yang lebih kuat. Vitamin C dapat diperoleh dari buah dan sayuran seperti tomat, stroberi, kentang, brokoli serta tambahan berupa suplemen Vitamin C 200 mg untuk dikonsumsi setiap hari. Selain vitamin C, magnesium juga berperan sangat penting dalam pembentukan tulang. Magnesium banyak terkandung di dalam sayuran hijau, biji-bijian, produk turunan susu seperti keju, dan kacang-kacangan. Sementara itu vitamin K juga memiliki manfaat terhadap tulang untuk mencegah/memperlambat pengeroposan tulang dan mempercepat proses penyembuhan. Vitamin K dapat diperoleh dari sayuran hijau dan minyak zaitun.


No comments:

Post a comment