Monday, 28 November 2016

Sadari Bahaya Pemakaian Optical Mouse

Bahaya Pemakaian Optical Mouse

Pengguna gadget senang sekali mengupgrade kemampuan peralatan elektronik agar lebih canggih dan lebih nyaman saat dipakai. Misalnya pemakaian mouse, saat optical mouse sudah beredar di pasaran, kita memiliki keinginan untuk segera mengganti mouse lama kita.

Sadari Bahaya Pemakaian Optical Mouse

Perlu diketahui, dibalik kecanggihan dan kenyamanan optical mouse ternyata memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Tiga tahun sejak peluncuran pertama optical mouse buatan mocrosoft, telah dilaporkan sedikitnya ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat paparan radiasi dari pemakaian optical mouse. Cara kerja optical mouse, yaitu dengan memancarkan gelombang elektromagnetik berfrekuensi tinggi ke permukaan di bawahnya. Frekuensi yang digunakan jauh lebih tinggi dari pada handphone.

Telah diketahui sejak lama bahwa telapak tangan dan kaki merupakan pusat dari saraf-saraf tubuh. Tangan yang terkena paparan radiasi yang terlalu lama bisa berpengaruh fatal bagi kesehatan. Menuru laporan WHO, radiasi dari mouse 5 kali lebih besar dari radiasi handphone. Optical mouse menjadi berbahaya karena terlalu lama menggunakannya, sehingga tangan akan terpapar oleh radiasi gelombang magnetik dalam waktu yang relatif lama.

Pengaruh radiasi dari optical mouse akan lebih berbahaya jika menggunakan produk-produk berkualitas rendah karena tidak memiliki pelindung, sedangkan penggunaan produk-produk yang bagus/berkualitas tinggi akan cenderung lebih aman karena terdapat pelindung. WHO, GreenPeace, dan CNN sudah menghentikan penggunaan optical mouse untuk seluruh kegiatan kerja di kantornya, sementara Microsoft sebagai perusahaan yang pertama menciptakan optical mouse telah bekerja sama dengan IBM dalam rencana pembuatan pointing device yang lebih aman. Fakta yang mencengangkan bahwa industri-industri hardwer terbesar di Asia seperti Cina dan Taiwan justru berusaha menutup-nutupi hal ini.

Jika diperhatikan, optical mouse yang beredar dan dijual di pasaran kebanyakan diproduksi oleh merek-merek yang tidak terkenal. Oleh sebab itu, gunakanlah mouse dengan bijak/gunakanlah saat diperlukan saja. Disarankan untuk menggunakan mouse model lama (bola).

Demikian artikel "Sadari Bahaya Pemakaian Optical Mouse" ini. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.




No comments:

Post a comment