Wednesday, 16 November 2016

Pengertian Metabolisme Karbohidrat

Metabolisme Karbohidrat Adalah

Karbohidrat merupakan pusat metabolisme tanaman hijau dan organisme fotosintetik lain yang menggunakan energi matahari untuk melakukan proses pembentukan karbohidrat. Karbohidrat terdiri dari senyawa yang sangat melimpah di alam. Sebagai suatu molekul primer seperti asam nukleat dan protein, maka karbohidrat dapat digolongkan berdasarkan jumlah monomer penyusunnya, yaitu monosakarida, oligosakarida, dan polisakarida.

Pengertian Metabolisme Karbohidrat

Pencernaan karbohidrat dimulai dari mulut dengan menggunakan katalis enzim amilase atau ptialin. Di mulut karbohidrat terurai dengan putusnya ikatan glikosida menjadi karbohidrat sederhana, oligosakarida, dan glukosa dekstran terbatas. Dekstran merupakan glukosa bercabang karena memiliki ikatan glikosida a-1,6. Enzim amilase tidak dapat mendegradasi molekul ini. Di dalam lambung, enzim amilase tidak berfungsi karena suasana asam lambung, reaksi degradasi dilanjutkan di dalam usus dengan katalis amilase-a pancreas. Produk degradasi ini adalah karbohidrat sederhana dan oligosakarida seperti produk amilase-a dalam mulut. Kemudian enzim khas lain mencernakan substrak tersebut lebih lanjut sampai terbentuk monosakarida berupa glukosa, fruktosa, galaktosa, dan monosakarida lainnya yang dapat diserap dan masuk ke dalam daerah (Toha, 2005).

Glukosa merupakan bahan bakar utama yang akan diubah menjadi energi atau tenaga. Kadar glukosa darah yang tinggi setelah makan akan merangsang sel pulau Langerhans untuk mengeluarkan insulin. Selama belum ada insulin, glukosa yang ada di peredaran darah ini tidak dapat masuk ke dalam sel-sel jaringan tubuh seperti otot dan jaringan lemak sehingga glukosa darah tetap tinggi dan menyebabkan hiperglikemia (Dalimartha, 2003).

Daftar Pustaka:

Toha, A.H.A. 2005. Biokimia: Metabolisme Molekul. Bandung: Alfabeta.

No comments:

Post a comment