Wednesday, 16 November 2016

Pengertian Mencit (Mus musculus L)

Pengertian Mencit (Mus musculus L)

Hewan uji coba atau sering disebut dengan hewan laboratorium adalah hewan yang khusus dibudidayakan untuk keperluan penelitian biologik. Hewan laboratorium tersebut digunakan sebagai model untuk penelitian pengaruh bahan kimia atau obat pada manusia. Beberapa jenis hewan dari ukurannya terkecil dan sederhana keuruna yang terbesar dan lebih komlpleks digunakan untuk keperluan penelitian, salah satunya adalah hewan mencit (Nichols, 2003).


Mencit laboratorium memiliki berat badan bervariasi antara 18-40 gram. Hewan ini makan segala jenis makanan dan mau mencoba makanan apapun yang tersedia bahkan yang tidak bisa dimakan. Dalam penelitian, mencit laboratorium biasanya diberi makan berbentuk pelet tanpa batas. Hal ini penting yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang, pemberian makan dan air minum, dimana minum mencit harus selalu tersedia.

Lama hidup mencit adalah antara 1-2 tahun, bahkan ada yang sampai 3 tahun, lama kehamilan adalah 19-21 hari, kawin setelah beranak antara 1-24 jam, umur disapih 21 hari sedangkan umur dewasanya adalah 35 hari. Umur dikawinkan 8 minggu (jantan dan betina), siklus kelamin poliestrus, siklus estrus 4-5 hari, lama estrus 12-24 jam. Berat mencit dewasa adalah 20-40 gram untuk jantan dan 18-35 gram untuk betina, jumlah anak rata-rata mencapai 6 ekor dan paling banyak dapat berjumlah hingga 15 ekor (Smith dan Mangkoewidjojo, 1988).

Daftar Pustaka:
  •  Nichols, J.B. 2003. "The Laboratory Mouse". Http.www.fauvet.fau.edu.
  • Smith, J.B dan Mangkoewidjojo, S. 1988. Pemeliharaan, pembiakan dan penggunaan hewan percobaan di daerah tropis. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

No comments:

Post a comment