Sunday, 6 November 2016

Pengertian Bioaktivator Kompos

Pengertian Bioaktivator Kompos

Menurut Redaksi Agromedia (2007), penambahan bioaktivator sebagai bahan khusus yang menunjang aktivitas mikroorganisme dalam proses pembusukan bahan organik sangat diperlukan. Bioaktivator biasa mengandung mikroorganisme pengurai, dan mengandung bahan makanan dan hormon yang menunjang kelangsungan hidup mikroorganisme pengurai. Dengan penambahan bioaktivator, akan semakin banyak jumlah dan jenis mikroorganisme yang bekerja dalam proses pengomposan. Banyak merek bioaktivator yang beredar di pasaran, di antaranya adalah Tricolant, Stardec, dan EM-4, Fix-Up Plus, Orgadec, dan bioaktivator Harmony. Berikut ini akan dijelaskan kandungan mikroba yang dimiliki masing-masing produk bioaktivator.

Tricolant

Tricolant merupakan aktivator yang di dalamnya terdapat bioaktivator Trichoderma sp. yang dapat merombak selulosa pada bahan kompos dengan sempurna sehingga terjadi penurunan berat pada akhir pengomposan. Trichoderma sp. sendiri merupakan mikroba biodekomposer unggul yang mampu mempercepat proses pengomposan menjadi sekitar 2-3 minggu. Mikroba ini akan tetap hidup dan aktif didalam kompos, sehingga ketika kompos tersebut diberikan ke tanah, mikroba tersebut akan berperan mengendalikan organisme patogen penyebab penyakit tanaman.Adapun klasifikasi dari jamur Trichoderma sp. adalah sebagai berikut (Dwidjoseputro, 2005).

Kingdom : Fungi
Divisio : Ascomycota
Subdivisio : Pezizomycotina
Kelas : Sordariomycetes
Ordo : Hypocreales
Family : Hypocreaceae
Genus : Trichoderma
Spesies : Trichoderma sp

Efective Microorganisme-4 (EM-4)

Efective Microorganisme-4 (EM-4) berisi sekitar 80 genus mikroorganisme fermentasi, diantaranya bakteri fotosintetik, Lactobacillus sp., Streptomyces sp., Actinomycetes, dan ragi. EM-4 merupakan kultur campuran dari mikroorganisme yang menguntungkan, berasal dari alam Indonesia asli, bermanfaat bagi kesuburan tanah maupun pertumbuhan dan produksi tanaman, serta ramah lingkungan. Mikroorganisme yang ditambahkan membantu memperbaiki kondisi biologis tanah dan dapat membantu proses penyerapan unsur hara (Marsono, 2002). Salah satu genus yang terkandung dalam bioaktivator EM-4 adalah Lactobacillus. Berikut adalah klasifikasi Lactobacillus (Dwidjoseputro, 2005).

Kingdom : Bacteria
Divisi : Firmmicutes
Kelas : Bacilli
Ordo : Lactobacillales
Famili : Lactobacillaceae
Genus : Lactubacillus
Spesies : Lactobacillus sp.

Stardec 

Stardec mengandung beberapa mikroba pengurai limbah, yaitu mikroba lignolitik, mikroba selulotik, mikroba proteolitik, mikroba lipolitik, mikroba aminolitik, dan mikroba fiksasi nitrogen non-simbiotik.

Fix-Up Plus

Fix-Up Plus mengandung sejumlah bahan makanan dari hormon alamiah yang dibutuhkan untuk pengembangbiakan dan pemenuhan aktivitas bakteri pengurai limbah dalam proses pengomposan.

Orgadec

Orgadec mengandung dua mikroba pengurai, yaitu Trichoderma pseudokoningii dan Cytophaga sp.

Bioaktivator Harmony

Pada dasarnya, bioaktivator harmony ada dua jenis yaitu harmony BS yang mengandung bakteri Bacillus subtilis, dan harmony P yang mengandung mikroba dan dapat memutuskan ikatan P didalam tanah. Dalam pembuatan kompos, kedua bioaktivator tersebut digunakan secara bersama-sama.

Daftar Pustaka:
  • Dwidjoseputro, D. 2005. Dasar-dasar mikrobiologi. Jakarta: Djambatan.
  • Redaksi Agromedia, 2007. Petunjuk pemupukan. Jakarta: Agromedia Pustaka. 
  • Marsono & Sigit, P. 2005. Pupuk akar jenis & aplikasi. Jakarta: Penebar Swadaya.

No comments:

Post a comment