Thursday, 3 November 2016

Pengertian Alginat

Pengertian Asam Alginat

Asam alginat, juga disebut algin atau alginat, merupakan anion polisakarida didistribusikan secara luas dalam dinding sel dari ganggang coklat, dimana melalui air mengikat membentuk suatu viskos karet. Dalam bentuk yang diekstrak menyerap air dengan cepat; itu mampu menyerap 200-300 kali beratnya sendiri di dalam air dan warnanya berkisar dari putih menjadi coklat kekuningan. Ini dijual dalam berserabut, butiran atau bentuk bubuk.

Alginat menyerap air dengan cepat, yang membuatnya berguna sebagai tambahan dalam dehidrasi produk-produk seperti pelangsing, dan dalam pembuatan kertas dan tekstil. Hal ini juga digunakan untuk waterproofing dan fireproofing kain, sebagai gel untuk penebalan minuman, es krim dan kosmetik dan dapat menyerap logam beracun dari darah.

Alginat digunakan dalam berbagai farmasi seperti persiapan Gaviscon, Bisodol, dan Asilon. Alginat digunakan secara luas sebagai kesan-bahan pembuatan gigi, prosthetics, lifecasting. Hal ini juga digunakan dalam industri makanan, untuk penebalan sup dan jeli.

Kalsium alginat digunakan dalam berbagai jenis produk medis, termasuk membakar pembalut yang yang mempromosikan penyembuhan dan dapat dihapus dengan sedikit rasa sakit dari pada cara konvensional.

Asam alginat juga digunakan dalam seni kuliner, terutama dalam "Esferificacion" (Sphereification) teknik Ferran Adria dari El Bulli di Roses, Girona, dimana sari-sari alami buah-buahn dan sayuran yang terangkum dalam gelembung yang "meledak" pada lidah ketika dikonsumsi. Salah satu contoh yang paling terkenal dari penggunaan ini adalah ketika asam alginat digunakan untuk membuat apel kaviar.

Karena kemampuannya menyerap air dengan cepat, alginate dapat diubah melalui proses lyophilization untuk struktur baru yang memiliki kemampuan untuk berkembang. Ini digunakan dalam industri penurunan berat badan sebagai penekan nafsu makan (Hui, 1992).

Struktur Alginat

Pada awalnya Stanford sebagai orang pertama yang berhasil mengisolasi alginat berpendapat bahwa alginat merupakan suatu molekul yang mengandung unsur nitrogen dengan rumus molekul C76H76O22 (NH2)2. Tetapi dari metode isolasi yang telah dikembangkan menunjukan bahwa tidak ditemukan adanya nitrogen dalam struktur molekul alginat. Namun demikian alginat saat ini dianggap sebagai suatu poliuronida yang terdiri dari asam D-mannuronat dan L-guluronat dengan adnya kemungkinan ikatan lain didalamnya (Furia, 1972). Menurut Marsh dkk, Lunde dkk, Hisrt dan Spekman (Chapman dan Chapman, 1980), rumus molekul alginat adalah (C6H8O6)n. Pendapat lainnya dikemukakan oleh Dillon menyatakan bahwa rumus alginat adalah (C6H10O7)n dimana n adalah bilangan yang berkisar antara 80 dan 83.

Bobot molekul alginat bervariasi, tergantung pada jenis alginat, sumber bahan baku yang digunakan dan cara penyimpanan bahan baku. Menurut Cook dan Smidsrod, bobot molekul alginat berkisar antara 350.000-1.500.000. Sedangkan menurut Furia (1972), alginat yang diperdagangkan mempunyai berat ekivalen antara 194-215. Alginat yang diperdagangkan mempunyai berat molekul antara 22.000-200.000 dengan tingkat polimerasi antara 180-930.

No comments:

Post a comment