Monday, 14 November 2016

Pengaruh Gas CO2 Terhadap Tanaman

Pengertian Pengaruh Gas CO2 Terhadap Tanaman

Gas CO2 merupakan sumber karbon utama bagi begi pertumbuhan tanaman. Dimana, karbondioksida (CO2) merupakan salah satu gas penting dalam pertumbuhan tanaman, namun juga merupakan salah satu gas rumah kaca yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan ini merupakan salah satu penyebab utama pemanasan global (global warming). Akibat dari pemanasan global, suhu di bumi akan diperkirakan meningkat 3-5 derajat celcius serta menyababkan perubahan iklim yang drastis pada 50-100 tahun yang akan datang. Peningkatan gas-gas rumah kaca saat ini berpengaruh besar terhadap sektor pertanian. Peningkatan kandungan CO2 udara akan memberikan efek baik positif maupun negativ terhadap metabolisme tanaman. Peningkatan CO2 diprediksi dapat menstimulasi produksi pangan dengan istilah 'CO2 Fertilization'. Namun demikian, penelitaian terhadap pengaruh peningkatan kandungan CO2 udara terhadap berbagai jenis tanaman menunjukan efek yang beragam baik positif, negatif, maupun tidak berpengaruhu sama sekali terhadap kondisi tanaman (Cheng et al, 2000).

Pengaruh Gas CO2 Terhadap Tanaman
Respon tanaman terhadap peningkatan gas CO2 di atmosfer berbeda-beda tergantung dari jenis tanaman serta kombinasi faktor-faktor pertumbuhan yang lain. Secara umum, hasil tanaman dipengaruhi oleh proses-proses penting seperti fotosintesis dan respirasi yang sangat tergantung dengan kondisi CO2 di udara. Perubahan terhadap konsentrasi CO2 udara akan berpengaruh terhadap proses-proses tersebut sebagai suatu bentuk adaptasi tanaman. Berbagai penelitian untuk menunjukan bahwa respon terhadapa peningkatan konsentrasi CO2 udara terjadi mulai dari perubahan anatomi hingga proses fisiologis tanaman.

Pengaruh Fisiologis yang utama dari peningkatan CO2 adalah meningkatnya laju assimilasi (laju pengikatan CO2 untuk membentuk karbohidrat, fotosintesis) di dalam daun. Selai  itu, efesiensi penggunaan faktor-faktor pertumbuhan lainnya (seperti radiasi matahari, air, dan nutrisi) juga ikut meningkat.

Baca Juga : Pengaruh Zat Alelopati Terhadap Tanaman 

Daftar Pustaka:

Cheng, W. D.A, Sims., Y, Luo., James., Colemann dan D.W, Johnshon. 2000. Photosynthesis, respiration and net primary production of sunflower stands in ambient and elevated atmospheric CO2 concentration: an invariant NPP:GPP ratio. Global Change Biology (6): 931-941.

No comments:

Post a comment