Saturday, 19 November 2016

Penampilan Bayi Yang Baru Lahir

Penampilan Bayi Yang Baru Lahir

Permukaan kulit pada bayi yang baru lahir akan terlihat keriput dan tubuh bayi nampak agak membungkuk. Tubuh bayi tidak terlihat montok dan berwarna merah muda sampai beberapa minggu kemudian. Terkadang orang tua akan merasa cemas melihat bentuk bayinya yang baru lahir dengan karakteristik-karakteristik/berbentuk aneh pada sebagaian dari anggota tubuh bayi, namun tak perlu dicemaskan kejadian tersebut normal dan akan segera menghilang. Karakteristik bentuk bayi yang baru lahir paling umum adalah, sebagai berikut:

Penampilan Bayi Yang Baru Lahir

1. Kepala berbentuk aneh

Kepala bayi yang baru lahir biasanya akan berbentuk memanjang/bulat lonjong. Hal ini disebabkan oleh takanan pada kepala bayi pada saat melewati jalan lahir.

2. Wajah bengkak, mata lengket dan bengkak, kadang-kadang terpicing

3. Milia

Terdapat bintik-bintik putih kecil di sekitar hidung, pipi dan kening. Hal ini disebabkan karena terhambatnya kelenjar lemak.

4. Alat kelamin dan payudara terlihat membengkak

Alat kelamin dan payudara yang membengkak akan terjadi baik pada bayi laki-laki maupun perempuan, karena hormon ibu. Kemungkinan yang terjadi adalah payudara akan mengeluarkan sedikit cairan untuk waktu yang singkat.

5. Kulit bercak merah kotor

Pada kejadian yang lebih ekstrim, kulit bayi mungkin akan terlihat kebiruan sampai sirkulasi tubuhnya normal. Kulit bayi akan bewarna kuning setelah bayi melewati masa mekonium (kandungan usus) di rahim.

6. Verniks 

Lapisan putih tebal, atau lanugo, rambut halus tipis, dapat muncul pada bayi prematur. Bayi yang lahir melebihi waktunya akan berkarakteristik kulitnuya kering, terkelupas, dan memiliki kuku jari tangan dan kaki yang panjang.

Biasanya bayi yang baru lahir dengan kelainan bentuk fisik minor yang tidak perlu diobati atau bisa diatasi dengan operasi kecil. Contoh kelainan bentuk fisik minor adalah adanya jari tambahan, kulit menjumbai, selaput antara dua jari dan lidah terlipat, yaitu lipatan kulit dibawah lidah sedikit ketat.

Bayi yang terlahir di rumah sakit, bayi tersebut akan diperikasa oleh dokter anak. Pendengarannya akan diuji dan mendapat imunisasi tuberkulosis. Antara hari keenem dan kedelapan, beberapa cc darah akan diambil dari tumit bayi untuk menguji fenilketonuria dan hipotiroid kongenital, kondisi medis yang serius dan langka.

 
 

No comments:

Post a comment