Sunday, 27 November 2016

Mengapa Daun dan Batang Tanaman Gurun Lebih Tebal?

Mengapa Daun dan Batang Tanaman Gurun Lebih Tebal?

Telah diketahuai bahwa di daerah gurun memiliki cuaca yang sangat ekstrim dan persediaan air yang terbatas atau tidak mencukupi. Oleh sebab itu, tanaman gurun harus memiliki kemampuan beradaptasi (menyesuaikan diri) dengan lingkungan sekitarnya.

Mengapa Daun dan Batang Tanaman Gurun Lebih Tebal?

Ketika turun hujan, tanaman gurun akan secara maksimal menyerap air yang tersedia pada saat itu dan akan disimpan di dalam daun dan batang. Air yang tersimpan di dalam daun dan batang membuat ke-2 organ tanaman tersebut tampak lebih tebal. Daun dan batang tanaman gurun juka tidak memiliki banyak pori-pori, sehingga hanya sedikit air yang menguap. Beberapa tanaman gurun seperti kaktus bahkan tidak memiliki daun.

Walaupun tanaman kaktus tidak memiliki daun namun memiliki duri sebagai pengganti daun. Klorofil pada tanaman kaktus terkandung di dalam batang untuk membuat makanan sendiri, sehingga batang kaktus bewarna hijau seperti daun. Batang kaktus juga dapat menyimpan cadangan air.

Pada saat turun hujan tanaman kaktus akan menyerap air sebanyak-banyaknya (sesuai dengan kemampuan) dan akan disimpan di dalam batang. Air yang tersimpan akan digunakan lagi pada saat persediaan air dalam tanah tidak mencukupi.

Saat hujan, beberapa tanaman kaktus akan terlihat lebih besar dua kali lipat dari ukuran semula, karena banyaknya air yang disimpan oleh tanaman ini.

No comments:

Post a comment