Wednesday, 9 November 2016

Mekanisme Serapan Unsur Hara Melalui Akar

Mekanisme Serapan Unsur Hara Melalui Akar

Unsur hara yang diserap oleh akar tanaman dari tanah dalam bentuk ion, baik kation maupun anion. Proses masuknya unsur hara dari larutan tanah yang mengandung ion-ion ke dalam akar tanamn disebut serapan ion. Akar yang tumbuh di dalam pori-pori tanah melakukan kontak yang dekat dengan ion di dalam tanah pada kompleks pertukaran atau kompleks serapan tanah. Dalam keadaan seperti itu pengembilan ion terjadi dengan cara pertukaran kation. Pada tanaman tingkat tinggi, unsur hara yang terdapat di dalam larutan tanah diserap oleh akar sebagian besar melalui rambut akar (Agustina, 2004).

Transportasi tumbuhan adalah proses pengambilan dan pengeluaran zat-zat ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Pada tumbuhan tingkat rendah (misal ganggang) penyerapan air dan zat hara yang terlarut di dalamnya dilakukan melalui seluruh bagian tubuh. Pada tumbuhan tingkat tinggi (misal spermatophyta) proses pengangkutan dilakukan oleh pembuluh pengangkut yang terdiri dari xylem dan phloem. Tumbuhan memperoleh bahan dari lingkungan untuk hidup berupa O2, Co2, air, dan unsur hara. Kecuali gas O2 dan CO2 zat diserap dalam bentuk larutan ion. Setiap tumbuhan memiliki akar, akar tumbuh menghujam ke dalam tanah, akar tersusun atas rambut akar dan tudung akar. Rambut akar berfungsi memperluas daerah  penyerapan air. Sementara itu, tudung akar berfungsi melindungi ujung akar agar tidak rusak saat menembus tanah. Menurut bentuknya, akar dibedakan menjadi akar tunggang dan akar serabut.


Akar tunggang memiliki akar pokok yang tumbuh memanjang. Pada akar pokok terdapat akar lateral (samping) yang tumbuh kesamping. Akar lateral ini berukuran lebih kecil dari akar pokok. Akar lateral merupakan cabang-cabang dari akar pokok. Tumbuhan yang berakar tunggang contohnya: jambu, mawar, jeruk, dan durian. 

Akar serabut membentuk kumpulan seperti serabut-serabut tipis. Pada akar serabut tidak terdapat akar pokok yang tumbuh memanjang. Selain itu, akar serabut juga tidak memiliki cabang-cabang akar. Pada akar serabut, tiap-tiap akar memiliki bentuk maupun panjang yang hampir sama. Akar-akar tersebut tumbuh dari pangkal akar. Tumbuhan yang mempunyai akar serabut, misalnya padi, jagung, dan rumput-rumputan. Akar berfungsi menyerap air dan zat-zat hara dari dalam tanah. Selain itu, akar juga berfungsi menopang tumbuhan agar tidak roboh.

Daftar Pustaka:
  • Gambar dari: http://lola75.blogspot.co.id/2014/10/morfologi-tumbuhan-berbunga.html

No comments:

Post a comment