Monday, 28 November 2016

Manfaat Wortel Sebagai Antistroke

Manfaat Wortel Sebagai Antistroke

Wortel tergolong kedalam sayur-sayuran yang memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk kesehatan mata, karena terdapat vitamin A yang terkandung di dalamnya.

Manfaat Wortel Sebagai Antistroke

Sejak dulu wortel memang terkenal untuk kesehatan mata. Namun, ternyata wortel juga bermanfaat sebagai pencegah stroke. Orang yang menderita stroke, jika banyak mengonsumsi vitamin A, maka kerusakan neurologis (saraf) dapat diminimalisir bahkan mempunyai kesempatan untuk sembuh (semoga Allah Swt memberi kesembuhan). Stroke terjadi karena otak tidak memperoleh oksigen selama waktu yang dibutuhkan sehingga sel mengalami malfungsi (gangguan fungsi) yang mengakibatkan rangkaian kejadian, yang puncaknya adalah ketika pada sel-sel saraf terjadi kerusakan oksidatif. Selain itu makanan yang mengandung banyak kolestrol juga dapat memicu terjadinya stroke. Kondisi tersebut dapat diminimalisir/dicegah dengan mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung vitamin A.

Khasiat wortel sebagai antistroke, karena adanya aktivitas beta karoten yang mencegah terjadinya plak atau timbunan kolestrol dalam pembuluh darah. Beta karoten merupakan pigmen paling aktif apabila dibandingkan dengan alpha dan gamma karoten. Beta karoten seringkali dikenal dengan provitamin A yang akan menjadi vitamin A pada dinding usus halus.

Hasil dari sebuah penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi wortel sedikitnya tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan stroke hingga 68%. Bagi penderita stroke sangat dianjurkan mengkonsumsi wortel setiap hari sesuai dengan kebutuhan , lebih baik dikonsumsi berupa jus.

Beberapa manfaat wortel lainnya:
  1. Mencegah timbunya kanker.
  2. Menyehatkan mata.
  3. Sebagai antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.
  4. Mengurangi lemak di lever.
  5. Memudarkan bercak dikulit serta menghaluskannya.

No comments:

Post a comment