Monday, 14 November 2016

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Picung

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Picung (Pangium edule Reinw)

Tumbuhan picung (Pangium edule Reinw) telah ditemukan di daerah Banten dan Pariaman. Picung, dimanfaatkan untuk bahan pengawet ikan hasil dari tangkapan. Bagian tumbuhan picung yang digunakan untuk bahan pengawet ikan adalah bijinya.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Picung

Biji picung (Pangium edule Reinw) merupakan alternatif bahan pengawet alami yang tidak berbahaya. Konsentrasi 3% (b/v) biji picung telah menghambat pertumbuhan bakteri gram positif batang (Bacillus sp.), bakteri gram positif kokus (Micrococcus sp.), bakteri gram negatif batang non fermentatif (Pseudomonas sp.) dan bakteri gram negatif batang fermentatif (koliform) yang diisolasi dari ikan mas (Cyprinus carpio Linn) yang dibusukkan pada suhu kamar selama 24 jam, sedangkan pada konsentrasi 5% (b/v) atau lebih bersifat bakterisidal terhadap empat jenis bakteri tersebut (Indriyati, 1987).

Senyawa antibakteri yang terdapat dalam biji picung dapat larut dalam pelarut organik dan dapat dipisahkan melalui proses ekstraksi. Ekstrak aquades dan etanol 50% biji picung segar mampu menghambat pertumbuhan bakteri gram positif dan gram negatif pada konsentrasi 40-80 mg/mL, sedangkan ekstrak n-heksan biji picung segar tidak menunjukkan aktivitas antibakteri pada semua tingkat konsentrasi (Ismaini, 2007).

Klasifikasi Tanaman Picung

Klasifikasi Picung
Kingdom Plantae 
Divisi  Spermatophyta 
Kelas  Dicotyledoneae 
Ordo   Parietales
FamiliFlacourtiaceae 
Genus  Pangium 
Spesies Pangium edule Reinw

Morfologi Tanaman Picung

Picung memiliki nama botani Pangium edule Reinw. Jenis tanaman ini mempunyai banyak nama daerah antara lain kepayang (Jakarta), pangi atau hapesong (Batak), kayu ruba buah (Lampung), pacung atau picung (Sunda), pakem atau pucung (Jawa) dan kalowa (Sumbawa).

Batang

Batang pokoknya besar, ranting muda berambut (berbulu) dan berwarna. Kulit kayu berwarna kemerahan atau abu-abu kecoklatan dan kadang-kadang kasar dengan banyak celah yang mengeras.

Daun

Daun tanaman berwarna hijau tua mengkilap ketika sudah tua, mengkilat dan berbulu lembut rapat berwarna cokelat dan bagian bawah daun berwarna buram. Ukuran daun dapat mencapai panjang 30 cm dan lebar 15 cm. Sedangkan tulang-tulang daun pada sisi bawah sangat menonjol.

Buah

Buah picung mengandung biji yang jumlahnya banyak dan tersusun rapi pada poros buah seperti buah cempedak. Setiap biji buah terbalut daging buah berwarna kuning (seperti pada biji buah durian). Buah yang berukuran besar mengandung biji yang jumlahnya dapat mencapai 30 biji, sedangkan buah yang berukuran kecil mengandung sekitar 12 biji.

Biji

Biji buah picung berkulit luar keras yang disebut tempurung atau cangkang. Tempurung biji picung berwarna cokelat. Biji picung mengandung inti biji (endosperm) berwarna putih dan keras, antara inti biji dengan tempurung dibatasi oleh selaput tipis berwarna cokelat.

No comments:

Post a comment