Tuesday, 8 November 2016

Klasifikasi Dan Morfologi Kunyit

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kunyit

Kunyit merupakan tanaman dari family jahe. Kunyit ini dikenal luas di Indonesia sebagai bahan pewarna dan penyedap makanan, rimpangnya sudah sejak dulu dipakai untuk mewarnai kapas, wol, sutera, tikar, dan barang-barang kerajinan lainnya. Senyawa utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah senyawa kurkuminoid yang memberi warna kuning pada kunyit. Kurkuminoid ini (kebanyakan berupa kurkumin) menjadi pusat perhatian para peneliti yangmempelajari keamanan, sifat antioksidan, antiinflamasi, efek pencegahkanker, ditambah kemampuannya menurunkan resiko serangan jantung. 

 Klasifikasi Dan Morfologi Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman obat potensial, selain sebagai bahan baku obat juga dipakai sebagai bumbu dapur dan zat pewarna alami. Rimpangnya sangat bermanfaat sebagai antikoagulan, menurunkan tekanan darah, obat cacing, obat asma, penambah darah, mengobati sakit perut, penyakit hati, gatal-gatal, gigitan serangga, diare, dan rematik.

Klasifikasi Kunyit

Klasifikasi Kunyit
Kingdom Plantae
Subkingdom Tracheobionta
Division Magnoliophyta
Class Liliopsida
Subclass Zingiberidae
Order Zingiberales
Family Zingiberaceae
Genus Curcuma
Species Curcuma longa L.

Naman Lokal Kunyit

Kunyit (C. longa) di berbagai daerah di Indonesia dikenal dengan nama kunir (Jawa), Hunik (Batak), kunyir (Lampung), temu kuning, kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet atau temu koneng (Madura), kunidi (Sulawesi Utara), kuminu (Ambon), rame (Irian) (Pangkalan Ide, 2011).

Morfologi Kunyit

Kunyit adalah tanaman tema tahunan. Kunyit merupakan tumbuhan daerah subtropis sampai tropis dan tumbuh subur di dataran rendah lebih kurang 90 meter sampai ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Kunyit memiliki batang pohon semu dan basah. Daunnya mirip dengan tumbuh-tumbuhan jenis pisang-pisangan. Pelepah-pelepah daun kunyit yang dominan berwarna hijau membentuk batang dengan helaian daun berbentuk bulat telur. Rimpangnya memiliki banyak cabang dengan kulit luarnya berwarna jingga kecoklatan. Buah daging rimpang kunyit berwarna merah jingga kekuning-kuningan. Tinggi tumbuhan kunyit mampu mencapai 1 meter dan bunganya muncul dari pucuk batang semu dengan panjang sekitar 10-15 cm dan berwarna putih (Thomas, 1989).

No comments:

Post a comment