Saturday, 5 November 2016

Klasifikasi Dan Morfologi Jarak Pagar (Jatropha curcas L)

Klasifikasi Dan Morfologi Tumbuhan Jarak Pagar (Jatropha curcas L)

Jarak pagar telah lama dikenal masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, yaitu sejak diperkenalkan oleh bangsa Jepang pada sekitar tahun 1942, dimana masyarakat diperintahkan untuk melakukan penanaman jarak sebagai pagar perkarangan (Hambali dkk, 2006). Jarak pagar masih satu kerabat dengan tanaman karet dan ubi kayu.

Klasifikasi Tumbuhan Jarak Pagar

Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Subdivisio : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Euphorbiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Jatropha
Spesies : Jatropha curcas L

Morfologi Tumbuhan Jarak Pagar

Menurut Hambali dkk (2006), tanaman jarak pagar berupa perdu dengan tinggi 1-7 m, bercabang tidak teratur. Batangnya berkayu, silindris dan bila terluka akan mengeluarkan getah. Bagian-bagian tanaman jarak pagar adalah sebagai berikut:

Daun

Daun tanaman jarak pagar adalah daun tunggal berlekuk dan bersudut 3 atau 5, daun tersebar disepanjang batang, permukaan atas daun bewarna hijau dan bagian bawah lebih pucat dibanding permukaan atas, daunnya tebal dan berbentuk jantung atau bulat telur melebar dengan panjang 5-15 cm, helaian daun bertoreh, berlekuk, dan ujungnya meruncing, tulang daun menjari dengan jumlah 5-7 tulang daun utama.

Bunga

Bunga tanaman jarak pagar adalah bunga majemuk berbentuk malai, bewarna kuning kehijauan, berkelamin tunggal, dan berumah satu (putik dan benang sari dalam satu tanaman). Bunga betina 4-5 kali lebih banyak dari bunga jantan. Bunga jantan maupun bunga betina tersusun dalam rangkaian berbentuk cawan yang tumbuh diujung batang atau ketiak daun. Bunganya mempunyai 5 kelopak berbentuk bulat telur dengan panjang kurang lebih 4 mm. Benang sari mengumpul pada pangkal dan bewarna kuning. Tangkai putik melengkung keluar bewarna kuning. Bunganya mempunyai 5 mahkota bewarna keunguan.

Buah

Buah tanaman pagar berupa kotak berbentuk bulat telur dengan diameter 2-4 cm. Panjang buah 2 cm dengan ketebalan sekitar 1 cm. Buah bewarna hijau ketika muda serta abu-abu kecoklatan atau kehitaman ketika masak. Buah jarak terbagi menjadi 3 ruang, masing-masing ruang berisi satu biji sehingga dalam setiap buah terdapat 3 biji. Biji berbentuk bulat lonjong dan bewarna coklat kehitaman. Biji inilah yang banyak mengandung minyak sekitar 35-45% dan beracun. 


No comments:

Post a comment