Saturday, 26 November 2016

Klasifikasi dan Morfologi Bakteri Aeromonas Hydrophila

Klasifikasi dan Morfologi Aeromonas Hydrophila

Bakteri Aeromonas termasuk ke dalam famili Pseudomonadaceae dan terdiri dari tiga spesies utama, yaitu Aeromonas punctata, Aeromonas hydrophila dan Aeromonas liquiefacieus yang bersifat patogen. Bakteri Aeromonas umumnya hidup di air tawar, terutama yang mengandung bahan organik tinggi.

Klasifikasi Aeromonas Hydrophila

Klasifikasi Aeromonas hydrophila
DomainBacteria
KingdomProteobacteria
PhylumGammaproteobacteria
ClassAeromonadales
GenusAeromonas
Spesies Aeromonas hydrophila
SynonymsBacillus hydrophilus fuscus Sanarelli 1871
Bacillus hydrophilus Chester 1901
Proteus hydrophilus (Chester 1901) Bergey et al. 1923
Bacterium hydrophilum (Chester 1901) Weldin and Levine 1923
Pseudomonas hydrophila (Chester 1901) Breed et al. 1948

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Aeromonas_hydrophila

Morfologi Aeromonas Hydrophila

Ciri utama bakteri aeromonas adalah bentuknya seperti batang, ukurannya 1–4,4 x 0,4–1 mikron, bersifat gram negatif, fakultatif aerobik (bias hidup dengan atau tanpa oksigen), tidak berspora, bersifat motil (bergerak aktif) karena mempunyai satu flagel (monotrichous flagella) yang keluar dari salah satu kutubnya, senang hidup di lingkungan bersuhu 15-30ºC dan pH 5,5–9 (Liviawaty dan Afrianto 1992).

Bakteri Aeromonas hydrophila merupakan suatu bakteri berbentuk batang, gram negatif, motil/bergerak dengan flagella polar, yang pada umumnya terdapat pada perairan dengan bahan organik yang tinggi. Bakteri gram negatif adalah organisme yang tidak dapat menahan zat pewarna setelah dicuci dengan alkohol 95% (Kabata 1985). Dinding sel bakteri gram negatif mengandung lebih sedikit peptidoglikan tetapi di luar lapisan peptidoglikan ada struktur membran kedua yang tersusun dari protein, fosfolipida, dan lipopolisakarida (Volk & Wheeler 1988). Selain menyerang ikan air tawar, bakteri Aeromonas hydrophila juga dapat menyerang manusia (Hiroko dan Aoki 1991 dalam Anoraga 2012) yaitu yang bersifat enterotoksigenik dan cukup potensial terhadap patogenitas di saluran pencernaan manusia.

Aeromonas hydrophila adalah jenis bakteri yang bersifat metropolitan, oksidatif, anaerobik fakultatif, dapat memfermentasi gula, gram negatif, tidak membentuk spora, bentuk akar, dan merupakan penghuni asli lingkungan perairan. Bakteri ini ditemukan air tawar dan pada badan air yang terklorinasi maupun tidak terklorinasi, dengan jumlah terbanyak ditemukan pada musim hangat. Upaya isolasi aeromonas pada penyakit yang menyerang hewan berdarah panas dan berdarah dingin telah dilakukan lebih dari 100 tahun yang lalu, sedangkan isolasi dari manusia dilakukan sejak awal tahun 1950-an (Hayes 2000)

Aeromonas hydrophila merupakan bakteri heterotrof uniselular yang dicirikan dengan adanya membrane yang memisahkan inti dengan sitoplasma. Bakteri ini biasanya berukuran 0,7–1,8 x 1,0–1,5 μm dan bergerak menggunakan sebuah polar flagel. Bakteri ini berbentuk batang sampai dengan kokus dengan ujung membulat dan bersifat mesofilik dengan suhu optimum 20-30ºC (Kabata 1985).

1 comment:

  1. kok tidak adad taun pembuatan, ini menyulitkan untuk daftar pustaka

    ReplyDelete