Tuesday, 15 November 2016

Kandungan Pada Asap Rokok

Kandungan Pada Asap Rokok

Kandungan Pada Asap Rokok

Beberapa kandungan di dalam asap rokok yaitu:

Nikotin 

Nikotin yang merupakan salah satu obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah. Nikotin membuat pemakainya kecanduan dan bersifat adiktif. 

Tar

Tar berupa cairan kental, coklat tua atau hitam. Tar terdapat dalam rokok yang terdiri dari ratusan bahan kimia yang menyebabkan kanker paru-paru.

Karbon monoksida

Karbon monoksida yang berupa gas beracun dan tidak mempunyai bau yang menyebabkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen. Unsur ini dihasilkan dari proses pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon.

Methanol

Methanol sejenis cairan ringan yang mudah menguap dan mudah terbakar. Meminum atau menghisap methanol mengakibatkan kebutaan dan bahkan kematian.

Formal dehid

Formal dehid berupa gas, tidak bewarna dan bau yang tajam. Gas ini tergolong pengawet dan pembasmi hama.

Beberapa dampak asap rokok terhadap kesehatan yaitu: penyakit jantung, gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker esofagus, bronchitis, hipertensi, impotensi, gangguan kehamilan, dan cacat pada janin. Selain itu asap rokok juga dikaitkan dengan terjadinya leukimia dan limfoma pada 20-30% kasus, juga pada karsinoma sel hati, karsinoma penis, anus dan vulva. Sedangkan terhadap lingkungan, asap rokok dapat mengakibatkan pencemaran udara. Bungkus dan puntung rokok menjadi masalah sampah atau limbah. Puntung rokok yang masih menyala dapat menyebabkan kebakaran (Elvina, 2010).

No comments:

Post a comment