Tuesday, 29 November 2016

Cacing Tanah Sebagai Penyubur Tanah

Cacing Tanah Sebagai Penyubur Tanah

Mengapa cacing tanah dapat menyuburkan tanah?. Cacing tanah hidup dan berkembang biak di dalam tanah. Mereka akan melubangi tanah dan bergerak di dalam tanah dengan membuat terowongan sesui dengan bentuk tubuhnya. Udara akan masuk ke dalam tanah melalui lubang yang dibuatnya. Selain itu, lubang cacing juga dapat memperlancar penyerapan air ke dalam tanah. Cacing juga memakan daun-daun yang rontuk kemudian dibawanya masuk ke dalam lubang. Biasanya cacing memakan makanannya hanya sebagian saja, sehingga daun yang dimakannya tidak akan habis dan tertinggal di dalam tanah. Daun yang berada di dalam tanah dalam waktu tertentu akan membusuk dan menjadi pupuk bagi tanaman.

Cacing Tanah Sebagai Penyubur Tanah

Oleh sebab itu, air, udara dan pupuk akan tersedia di dalam tanah dan membuat tanah menjadi sehat dan subur. Selain itu, tanah yang segar akan bergerak ke permukaan akibat aktivitas cacing tanah ini. Selama hidupnya, cacing tanah akan menggali tanah terus-menerus.

Tumpukan Tanah Galian Cacing Tanah

Karena aktivitas cacing tanah di dalam tanah dapat menyuburkan tanah, sehingga muncullah selogan yang menyebutkan "Cacing Tanah Adalah Sahabat Petani".

No comments:

Post a comment