Saturday, 26 November 2016

Bumi Adalah

Pengertian Bumi

Bumi merupakan benda padat dan pejal yang tidak pernah berubah dan salah satu planet di alam semesta yang terdapat jutaan makhluk hidup termasuk manusia, hewan, bakteri, jamur, dan tumbuh-tumbuhan serta sumber kehidupan seperti udara, air, dan sumber mineral yang tersebar di seluruh bumi.

Bumi Adalah

Bumi tidak berdiam di tempat, melainkan berputar pada sumbunya dan bergerak menjelajahi ruang alam semesta, bergerak sangat cepat mengelilingi mata hari yang bertenaga nuklir dengan panas yang tak terhingga. Bumi adalah sebuah planet yang aktif, dinamsi, dan hidup.

Bumi terlihat bulat namun tak sehalus permukaan bola billiard. Bumi retak-retak seperti lempeng-lempeng raksasa yang terhampar sangat luas/permukaannya tidak rata. Gempa bumi dan gunung meletus yang menghancurkan kota-kota, menunjukan betapa mengerikannya aktivitas di dalam perut bumi. Dilihat dari antariksa, bumi digempur oleh radiasi dan aliran partikel-partikel (debu dan kerikil meteor) dikarenakan bumi bergerak mengitari matahari dan menjelajahi antariksa. Gumpuran benda asing di luarangkasa tidak sampai membinasakan kehidupan dibumi karena adanya lapisan atmosfer yang melindungi.

Bumi menyediakan sumber kehidupan seperti air, udara, tanah dan sumber mineral sedemikian rupa untuk menjaga keberlangsungan hidup makhluk hidup di dalamnya.

Komposisi atmosfer bumi, yaitu Nitrogen (N2)/(udara kering) 78,08%, Oksigen (O2) 20,95%, Argon 0,93%, Karbon dioksida 0,039%, dan sekitar 1% uap air (bervariasi sesuai iklim setempat).


No comments:

Post a comment