Saturday, 12 November 2016

Bahaya Cegukan Dan Kedutan

Bahaya Cegukan Dan Kedutan

Apakah Anda pernah mengalami kedutan dan cegukan?. Perlu diketahui, kejadian tersebut merupakan tanda-tanda bahwa tubuh dalam keadaan tidas sehat. Sangat disayangkan, sebagian besar dari Anda sering kali mengabaikannya serta tidak sedikit menganggapnya hanya kejadian alamiah. Namun jangan dikhawatirkan dengan serius, menurut dr. Karen Wolfe, penulis buku Create The Body Your Soul Dasires mengatakan bahwa seseorang yang mengalami kedutan dan cegukan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang mengalami gangguan ringan.

Meskipun hanya gangguan ringan, namun jangan diabaikan. Pahamilah bahwa kedutan, cegukan atau telinga berdenging, kejadian tersebut merupakan sinyal yang diberikan oleh tubuh, Anda diharapkan lebih peduli pada tubuh agar tubuh lebih sehat.

Bahaya Cegukan Dan Kedutan

Kedutan pada kelopak mata

Gerakan secara tiba-tiba dan tak sadar yang dialami oleh bagian tubuh, yaitu di kelopak mata dan itu adalah pertanda bahwa tubuh kurang beristirahat dan tidur. Para ahli kesehatanpun sepakat 99% kedutan yang terjadi di kelopak mata disebabkan karena tubuh mengalami stres dan lelah yang amat sangat. Jika Anda mengalaminya, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghentikannya selain harus mengistirahatkan tubuh dan mata. Mengkompres mata adalah tindakan yang benar dan juga sangat membantu.

Cegukan

Anda cegukan secara tiba-tiba pada hal tidak sedang makan apa pun. Pahami kejadian tersebut, cegukan yang terjadi merupakan sinyal yang diberikan oleh tubuh bahwa tubuh mengalami stres. Hal ini karena cegukan melepas hormon stres ke dalam aliran darah, kemudian merangsang serat saraf secara berlebihan. Akibatnya, terjadi kontraksi otot tak sadar yang terletak di dekat dengan pita suara sehingga cegukan yang terjadi akan menimbulkan bunyi. Tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan menelan sedikit gula pasir. Butiran gula pasir akan menstimulasi ujung saraf di balik kerongkongan sehingga menghambat impuls saraf lainnya sehingga cegukan pun reda.

No comments:

Post a comment