Friday, 11 November 2016

Asam Salisilat Adalah

Pengertian Asam Salisilat

Asam salisilat merupakan salah satu bahan kimia yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari serta mempunyai nilai ekonomis yang cukup timggi karena dapat digunakan sebagai bahan intermediet dari pembuatan obat-obatan seperti antiseptik dan analgesik serta pembuatan bahan baku untuk keperluan dalam bidang industri farmasi. Asam salisilat (asam ortohidroksibenzoat) merupakan asam yang bersifat iritan lokal, yang dapat digunakan secara topikal. Terdapat berbagai turunan yang digunakan sebagai obat luar/oles, yang terbagi atas 2 kelas, ester dari asam salisilat dan ester salisilat dari asam organik.

Asam salisilat mendapatkan namanya dari spesies (bahasa latin: salix), yang memiliki kandungan asam tersebut secara alamiah, dan dari situlah manusia mengisolasinya. Penggunaan dedalu dalam pengobatan tradisonal telah dilakukan oleh bangsa Sumeria, Asyur, dan sejumlah suku Indian seperti Cherokee. Pada saat ini, asam salisilat banyak diaplikasikan dalam pembuatan obat aspirin.

Asam salisilat yang memiliki rumus molekul C6H4COOHOH berbentuk kristal kecil bewarna merah muda terang hingga kecoklatan yang memiliki berat molekul sebesar 138,123 b/mol dengan titik leleh sebesar 156 derajat celcius dan densitas pada 25 derajat celcius sebesar 1,443 g/ml. Asam salisilat dapat menyublim tetapi dapat terdekomposisi dengan mudah menjadi karbondioksida dan phenol bila dipanaskan secara cepat pada suhu sekitar 200 derajat celcius.

Salah satu turunan asam salisilat adalah metil salisilat. Metil salisilat adalah cairan kuning kemerahan dengan bau wintergreen. Tidak bisa larut dalam air tetapi dapat larut dalam alkohol dan eter. Metil salisilat sering digunakan sebagai bahan farmasi, penyedap rasa makanan, minuman, gula-gulaan, pasta gigi, antiseptik dan kosmetik serta parfum. Metil salisilat telah digunakan untuk pengobatan sakit syaraf, sakit pinggang, radang selaput dada dan rematik, juga sering digunakan sebagai obat gosok dan balsem (Supardani, dkk, 2006).

Daftar Pustaka:

Supardani, Dwi. O, dan Aditya. P. 2006. Perancangan pabrik asam salisilat dari phenol, Fakultas Teknik Jurusan Kimia, FTI Institut Teknologi Nasional. Bandung.

No comments:

Post a comment