Monday, 31 October 2016

Sistem Akuifer Dan Geologi Air Tanah

Pengertian Sistem Akuifer Dan Geologi Air Tanah

Beberapa istilah penting yang merupakan bagian dari hidrogeologi dijelaskan definisinya, yaitu:

a. Akuifer

Definisi akuifer ialah lapisan-lapisan, formasi, atau kelompok formasi satuan geologi yang permeable baik yang terkonsolidasi (lempung, misalnya) maupun yang tidak terkonsolidasi (pasir) dengan kondisi jenuh air dan mempunyai suatu besaran konduktivitas hidraulik (K) sehingga dapat membawa air (atau air dapat diambil) dalam jumlah kuantitas yang ekonomis.

b. Akuiklud

Definisinya ialah lapisan-lapisan, formasi, atau kelompok formasi satuan geologi yang kedap (impermeable) dengan nilai konduktivitas hidraulik yang sangat kecil sehingga tidak memungkinkan air melewatinya. Dapat dikatakan juga merupakan lapisan pembatas atas dan bawah suatu akuifer terbatas.

c. Akuitar

Definisinya ialah lapisan-lapisan, formasi, atau kelompok formasi satuan geologi yang permeable dengan nilai konduktivitas hidraulik yang kecil namun masih memungkinkan air melewati lapisan ini walaupun dengan gerakan yang lambat. Dapat dikatakan juga merupakan lapisan pembatas atas bawah suatu akuifer semi terbatas.

d. Akuifer Terbatas

Merupakan akuifer yang jenuh air yang dibatasi oleh lapisan atas dan bawahnya merupakan akuiklud dan tekanan airnya lebih besar dari tekanan atmosfir. Pada lapisan pembatasnya tidak ada air yang mengalir (no flux).

e. Akuifer Semi Terbatas

Merupakan akuifer yang jenuh air yang dibatasi oleh lapisan atas berupa akuitar dan lapisan bawahnya merupakan akuiklud. Pada lapisan pembatas di bagian atasnya karena bersifat akuitar masih ada air yang mengalir ke akuifer tersebut (influx) walaupun hidraulik konduktivitasnya jauh lebih kecil dibandingkan hidraulik konduktivitas akuifer. Tekanan airnya pada akuifer lebih besar dari tekanan atmosfer.

f. Akuifer Tidak Terbatas

Merupakan akuifer jenuh air (saturated). Lapisan pembatasnya, yang merupakan akuitar, hanya pada bagian bawahnya dan tidak ada pembatas akuitar di lapisan atasnya, batas dilapisan atas berupa muka air tanah. Dengan kata lain merupakan akuifer yang mempunyai muka air tanah.

g. Akuifer Semi Tidak Terbatas

Merupakan akuifer yang jenuh air (saturated) yang dibatasi hanya lapisan bawahnya yang merupakan akuitar. Pada bagian atasnya ada lapisan pembatas yang mempunyai konduktivitas hidraulik lebih kecil dari pada konduktifitas hidraulik dari akuifer. Akuifer ini juga mempunyai muka air tanah yang terletak pada lapisan pembatas tersebut.

h. Akuifer Artesian

Merupakan confined aquifer di mana ketinggian hidrauliknya (potentiometric surface) lebih tinggi dari pada muka tanah. Oleh karena itu apabila pada akuifer ini dilakukan pengeboran maka akan timbul air yang memancur (spring), karena air yang keluar dari pengeboran ini berusaha mencapai ketinggian hidraulik tersebut (Robert, 1996).

No comments:

Post a comment