Tuesday, 18 October 2016

Sadari 6 Zat Kimia Berbahaya Di Sekitar Kita

6 Zat Berbahaya Di Sekitar Kita

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa kita sadari seringkali bertemu, menyentuh, menghirup bahkan memakan zat kima berbahaya baik itu buatan atau alami. Tubuh manusia yang terkontaminasi dengan zat berbahaya akan berdampak buruk dikemudian hari. Oleh sebab itu, ketahuilah 6 zat berbahaya yang ada di sekitar kita.
  1. Pestisida organofosfat. Zat kimia berbahaya ini terkandung dalam bahan makana hasil pertanian seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Dalam bidang pertanian dan perkebunan pestisida organofosfat digunakan untuk membasi hama yang mengganggu tanaman. Dampak terburuk dari zat kimia ini jika terkontaminasi ke dalam tubuh manusia adalah jika terhirup dalam jangka panjang dapat merusak sistem saraf otak dan menyebabkan parkinson (telah membunuh petinju legendaris Muhammad Ali). Dampak yang terjadi pada ibu hamil, berpotensi menggangu struktur otak janin yang berpengaruh pada kecerdasan. Pecegahan yang dilakukan adalah dengan mencuci bahan makanan tersebut pada air mengalir hingga bersih atau mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum  dimakan.
  2. Polybrominated Diphenyl Ether (PBDE). Zat kimia berbahaya ini terkandung dalam produk tekstil, furnitur, dan karpet. Senyawa retardan dapat menguap dan menyebar diseluruh ruangan dalam rumah dan tanpa disadari kita telah menghirupnya. Tubuh yang terkontaminasi oleh PBDE dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan otak, saraf serta dapat menurunkan kulaitas kecerdasan otak anak dan memicu hiperaktivitas.
  3. Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAH). Zat kimia yang satu ini terkandung dalam emisi gas buang kendaraan bermotor, pembekaran batu bara, dan asap rokok yang sering disebut polusi udara. Dampak buruk bagi anak-anak yang terkontaminasi oleh zat PAH, kemungkinan besar dapat menderita depresi, kecemasan berlebihan, sulit untuk berkonsentrasi, dan menurunkan tingkat kecerdasan otak anak.
  4. Timbal (Pb). Zat kimia tersebut terkandung dalam baterai gadged, karet, kabel, cat, bahan tambahan zat anti "knocking" pada bensin, solder dan penyambung pipa air tahan korosi. Dampak negatif yang sangat merugikan adalah dapat menurunkan tingkat kecerdasan otak anak, bagi ibu hamil yang telah terkontaminasi timbal dapat memicu gangguan pertumbuhan otak pada janin dalam kandungan.
  5.  Merkuri. Zat kimia tersebut terkandung di dalam bahan kosmetik kecantikan seperti krim pemutih, krim antiseptik, dan di pertambangan emas tradisional. Dampak negatifnya bagi manusia adalah dapat memicu cacat pada janin, mengganggu saluran darah ke otak, bahkan kerusakan otak permanen seperti kasus minamata.  
  6. Polychlorinated biphenyls (PCB). Zat kimia tersebut terkandung dalam berbagai macam komponen elektronik dan pestisida. Dampak negatif bagi manusia adalah gangguan saraf, ADHD, ketidakmampuan menyerap bahan belajar, defisit sensorik, keterlambatan perkembangan, dan retardasi mental.
Demikian penjelasan tentang 6 zat berbahaya yang ada disekitar kita. Semoga dengan adanya informasi ini anda semua dapat mencegah dan lebih berhati-hati agar tidak terkontaminasi zat berbahaya tersebut.

No comments:

Post a comment