Tuesday, 4 October 2016

Prosedur Adalah?

A. Prosedur

Peranan penting dalam administrasi negara adalah prosedur, dimana prosedur tersebut berkaitan dengan teknik atau cara. Prosedur disini dimaksudkan agar yang dilakukan seseorang administrator atau aparatur pemerintah dapat berjalan secara teratur sehingga terjadi keseragaman terhadap suatu pekerjaan. Prosedur merupakan peranan yang sangat penting sebagai alat pembantu dalam kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas dalam pengumpulan data yang dapat dijadikan kesimpulan atau analis.


Pengertian prosedur menurut kamus besar bahasa Indonesia (1997:367) prosedur ialah:
  1. Tahap-tahap atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas.
  2. Metode langkah ekstrak dalam memecahkan suatu masalah.
Prosedur menurut Mulyadi (2001:6) adalah suatu urutan kegiatan yang besarnya melibatkan beberapa orang dalam suatu departemen atau yang dibutuhkan untuk menjamin adanya keseragaman terhadap transaksi-transaksi organisasi sering terjadi berulang-ulang.

Prosedur menurut Ibnu Syamsi dalam bukunya, sistem dan prosedur kerja (1994:16) prosedur adalah kegiatan yang harus dilakukan secara beruntun untuk menghasilkan suatu pekerjaan beruntun untuk menghasilkan suatu pekerjaan tertentu.

Prosedur mempunyai kedudukan yang penting dalam menyelesaikan suatu rangkaian pekerjaan. Didalam kegiatannya prosedur merupakan atau rangkaian kerja yang bersifat khusus. Didalamnya terdapat suatu kesinambungan kerja menuju pencapaian tujuan. Prosedur itu keberadaanya atau posisinya berada diantara sistem dan oprasional kerja. Sistem sesungguhnya terwujud dari suatu jaringan kerja yang terdiri dari bermacam-macam prosedur, sedangkan prosedur merupakan kesatuan yang bulat dan tampak pada operasi pekerjaan.

Prosedur berfungsi untuk menjabarkan sistem dari bentuk yang "ideal" menjadi "Oprasional". Prosedur membebankan suatu tanggung jawab terbatas dan tertentu pada orang perorangan.

Prosedur dapat memberikan kepastian tentang sah atau tidaknya suatu kegiatan dalam hubungannya dengan pekerjaan. Penyimpangan atau tidak sesuainya suatu pekerjaan yang dilakukan menjadi tidak sah. Suatu prosedur haruslah dibuat sesederhana mungkin. Kesederhanaan prosedur haruslah tidak meninggalkan faktor efisiensi dan aktivitas dari prosedur tersebut. Adanya prosedur tidak dimasukan untuk menghambat atau mempersulit pelaksanaan pekerjaan. Suatu prosedur yang sederhana akan mempermuda pekerjaan. Suatu prosedur yang sederhana akan mempermudah pekerjaan diikuti, diawasi serta diarahkan kepada pencapaian tujuan dengan cepat, cermat dan hemat.

No comments:

Post a comment