Sunday, 9 October 2016

Pengertian Urine Sapi

Urine Sapi

Urine sapi merupakan produk dari ginjal, diantaranya produk dari penguraian protein adalah unsur ureum (CO(NH2)2). Nitrogen yang berada pada kotoran cair mempunyai bentuk ureum. Urine sangat kekurangan asam fosfat. Kallium yang dikandungnya berada dalam bentuk persenyawaan yang mudah larut (Rinsema, 1993).

Pengertian Urine Sapi

Rinsema (1993), mengatakan bahwa kotoran cair (urine) mengandung nitrogen, kalium dan sedikit fosfat. Persenyawaan ureum (CO(NH2)2) di tranformasikan oleh bakteri menjadi amonika karbonat, yaitu berupa garam yang labil karena mudah terurai, menjadi amoniak, air dan gas karbohidrat.

Urine yang dihasilkan ternak dipengaruhi oleh pakan, aktivitas ternak, suhu eksternal, konsumsi air, musim dan lain sebagainya. Fases dan urine yang dihasilkan adalah sebsar 10% dari berat ternak. Jumlah urin yang dihasilkan dari berbagai jenis ternak tiap hari berbeda-beda. Urine yang dihasilkan ternak sebagai hasil metabolisme tubuh memiliki nilai yang sangat bermanfaat yaitu: a). kadar N dan K sangat tinggi, b). urin mudah diserap tanaman dan c). urine mengandung hormon pertumbuhan tanaman. Misbach (2009), menambahkan bahwa kandungan unsur hara urine yang dihasilkan ternak tergantung mudah atau sukarnya makanan dalam perut hewan dapat dicernakan, lebih lanjut Sutejo (1994) dan Misbach (2009), menyatakan bahwa urine pada ternak sapi terdiri dari: air 92%, N 1,00%, P 0,2%, dan K 1,35%, sehingga memerlukan jumlah yang lebihnyak untuk diberikan kepada tanaman

Urine sapi mengandung IAA (Indole Acetic Acid) seperti auksin. IAA yang terdapat dalam urin sapi merupakan hormon tumbuh alami auksin yang funhsinya merangsang pertumbuhan akar tanaman (Rinsema, 1993).

Daftar Pustaka

Misbach H M. 2009. komposisi kimia fases dan urine sapi perah yang diberi pakan hijauan klobot jagung dari sampah sayuran pasar diperternakan kebon pedes Bogor skripsi : 10 Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Rinsema, W.T. 1993. Bermesting en meststoffen, Terjemahan H. M. Saleh: Bhatara Niaga Media, Jakarta.




No comments:

Post a comment