Monday, 17 October 2016

Pengertian Sumber Daya Manusia

Pengertian Sumber Daya Manusia

Manusia merupakan sumber daya paling penting dalam usaha organisasi mencapai keberhasilan. Sumber daya manusia ini menunjang organisasi dengan karya, bakat, kreativitas dan dorongan. Betapapun sempurnanya aspek teknologi dan ekonomi, tanpa aspek manusia sulit kiranya tujuan-tujuan organisasi dapat dicapai. Masyarakat telah menunjukan perhatian yang meningkat terhadap aspek manusia tersebut. Nilai-nilai manusia semakin diselaraskan dengan aspek-aspek teknologi maupun ekonomi.

Menurut Tulus (1995:2) sumber daya manusia adalah salah satu unsur masukan yang bersama dengan unsur yang lainnya seperti bahan, modal, mesin dan teknologi diubah melalui proses manajemen melalui keluaran berupa barang atau jasa dalam usaha mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Menurut Handoko (1989:6) Salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan adalah bergantung pada kinerja sumber daya manusia yang secara langsung atau tidak langsung memberikan kontribusi pada perusahaan, yang meliputi pemangku kepentingan eksternal dan kepentingan internal (karyawan) yang dimiliki oleh perusahaan. Untuk memperoleh kinerja optimal dari keberadaan karyawan dalam perusahaan makan perusahaan perlu menetapkan strategi yang tepat, yaitu dengan memikirkan bagaimana mengelola karyawan agar mau mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

Menurut Handoko (1989:4) Sumber daya manusia adalah penarikan seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan-tujuan individu maupun organisasi.

Dari beberapa definisi diatas, menegaskan bahwa sumber daya manusia pada dasarnya berorientasi kepada tujuan organisasi dan pentingnya satuan tenaga kerja organisasi sebagai sumber daya manusia yang vital baik pencapaian tujuan-tujuan organisasi, dan pemanfaatan bahan mentah.

Daftar Pustaka:

Handoko, 1995, Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. PT Bumi Aksara. Jakarta. 
Tulus, 1995, Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, PT. Bumi Aksara. Jakarta.

No comments:

Post a comment